Salin Artikel

Aturan Selama New Normal, Penumpang Ojek Harus Bawa Helm Sendiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) menerbitkan protokol berkegiatan pada fase normal baru (new normal) bagi perkantoran dan industri, di tengah pandemi virus corona alias Covid-19.

Diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan, berbagai poin-poin penting mengalami penyesuaian. Satu diantaranya tentang mengenakan transportasi umum dalam menunjang perjalanan pekerja dari/ke rumah.

Pada poin aktivitas pekerja pasca-pembatasan sosial berskala besar (PSBB), perusahaan diharapkan bisa menyediakan transportasi khusus untuk perjalanan pulang-pergi para karyawannya sehingga penggunaan transportasi publik bisa diminimalisir.

Jika memang terpaksa, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Pertama, tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter dan upayakan tidak sering menyentuh fasilitas umum. Kemudian, rajin menggunakan hand sanitizer di samping wajib mengenakan masker.

Hal ini juga berlaku dalam setiap aktifitas kerja, baik di meja kerja atau workstation, pengaturan kursi di kantin, dan sebagainya.

Kemudian bagi yang menggunakan moda transportasi roda dua, harus menggunakan atau membawa helm sendiri. Pasalnya, menggunakan peralatan yang bersifat massal meningkatkan potensi penyebaran virus.

"Upayakan membayar secara non-tunai, jika terpaksa memegang uang gunakan handsanitizer sesudahnya," lanjut tulis aturan itu.

Terakhir, tidak menyentuh area wajah atau mengucek mata selama perjalanan dengan tangan langsung. Gunakan tissue bersih jika memang terpaksa. Bagi pekerja yang kurang sehat khususnya ada keluhan batuk, pilek, dan demam diharapkan tetap tinggal dirumah.

Tidak dijelaskan rinci apakah angkutan roda dua berbasis daring atau ojek online (ojol) sudah bisa beroperasi selama fase new normal. Tapi untuk diketahui, selama masa PSBB moda tersebut dilarang mengangkut penumpang orang.

Sementara untuk aturan berkendara secara umum, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut masih menunggu aturan turunannya dari pemerintah.

"New normal itu nanti kita tunggu dari pemerintah. Kita juga tidak tahu seperti apa, sekarang masih berlaku aturan PSBB (hingga 4 Juni 2020)," katanya kepada Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/26/150100815/aturan-selama-new-normal-penumpang-ojek-harus-bawa-helm-sendiri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.