Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Britten V1000 Motor Segmented Canggih di Zamannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak sepeda motor legendaris di dunia, tapi ada beberapa yang punya tempat khusus karena dianggap pelopor di bidangnya, salah satunya ialah Britten V1000.

Nama Britten V1000 mungkin asing di telinga, tapi rancang bangun motor ini dianggap salah satu yang paling canggih dan sebagai 'pencapaian tertinggi’ di jamannya.

Britten V1000 merupakan produk buatan Britten Motor Company (BMC) asal Selandia baru. Motor ini sangat segmented karena hanya dibangun 10 unit dari 1991-1998.

Salah satu kunggulan Britten V1000 yakni pada dasarnya tidak punya rangka, berbeda dengan rangka deltabox yang sering dipakai di superbike di zamannya.

Sebagai ganti rangka, Britten memakai sambungan-sambungan tiap bagian. Adapun mesin menjadi penopang utama sambungan tersebut.

Seluruh bodi menggunakan serat fiber yang kala itu masih jarang digunakan untuk motor produksi masal sebab harganya mahal. Sehingga motor dengan bodi fiber biasanya punya banderol lebih tinggi.

Spesifikasi lain yakni suspensi depan double wishbone. Sistem pemetaan mesin menggunakan komputer alias ECU, radiator terletak di bawah jok yang cukup sensasional untuk motor yang dibuat di awal 90'an.

Mesinnya mengusung jantung 4-tak, 999cc, V-twin 60 dejarat, berpendingin cairan dan memakai kopling kering. Mesin V-60 derajat kurang populer saat itu ketimbang 4-silinder segaris.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/25/150100615/britten-v1000-motor-segmented-canggih-di-zamannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke