Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atasi Mika Lampu Mobil yang Buram dengan Pasta Gigi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuasa panas terik yang sering terjadi belakangan ini memiliki beberapa dampak buruk bagi eksterior mobil.

Tidak hanya lapisan cat di bodi mobil yang bisa memudar jika terus-menerus kena cahaya matahari, bagian lampu depan atau mika lampu juga menjadi cepat buram, bahkan menguning.

Kondisi ini dapat berbahaya pada malam hari karena mika lampu yang buram akan mengurangi daya sorot lampu. Pengemudi akan merasa efek kurang terang, meski sebetulnya lampu utama telah dihidupkan.

Jika sudah begini, pemilik mobil makin terdorong untuk mengganti lampu bawaan dengan versi aftermarket yang lebih terang. Padahal, solusinya ada pada pembersih mika lampu mobil, bukan mengganti bohlam lampu utama.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik mobil bisa melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan pasta gigi atau obat poles yang tersedia di pasaran.

“Cara sederhana bisa membersihkan mika lampu dengan pasta gigi. Pertama bersihkan dulu headlamp dengan air bersih, lalu keringkan dengan kanebo dan lap kering, setelah itu oleskan pasa gigi secara merata ke seluruh permukaan. Gosok dengan pola melingkar, diamkan sejenak, lalu siram dengan air hingga bersih,” ujar Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian.

Namun Christopher melanjutkan, kalau sudah buram dan berubah warna jadi kuning itu tidak bisa dibersihkan dari luar saja, harus dibuka biar bagian dalam bisa dibersihkan juga.

Owner Detailworks MotoSpa Bintaro Jakarta Selatan, Stefanus Yoga, mengatakan, proses pembersihkan mika lampu juga hanya memakan waktu sekitar beberapa jam saja.

“Di tempat kami ada layanan headlight restoration, yaitu restorasi lampu depan yang menguning. Prosesnya terbilang mudah dan cepat, karena tanpa pembokaran. Lampu akan dibersihkan dengan alat dan obat khusus dalam beberapa jam,” ujarnya kepada Kompas.com.

Yoga menerangkan, usai dilakukan pencuncian, mika lampu depan akan mendapat layanan wet sanding atau pengamplasan. Setelah itu lampu depan akan mendapat layanan compunding, polisihing, dan semi coat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/22/104200815/atasi-mika-lampu-mobil-yang-buram-dengan-pasta-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke