Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Volume Kendaraan Pemudik Meningkat, Polisi Perketat Wilayah Jateng dan Jatim

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Larangan mudik dari pemerintah, ternyata tidak serta merta membuat masyarakat menjadi patuh. Terbukti H-3 Lebaran, kendaraan para pemudik yang masuk ke berbagai daerah justru mengalami peningkatan.

Kondisi ini pun membuat pengawasan di berbagai titik pos penyekatan kendaraan semakin diperketat. Peningkatan jumlah kendaraan ini di antaranya terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat dan juga di wilayah Jawa Timur.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, menjelang Lebaran atau H-3 terlihat adanya peningkatan jumlah pengendara yang masuk ke wilayah DIY.

“Terlihat dari banyaknya kendaraan yang ternyata bukan plat dari DIY, melainkan dari luar wilayah,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

I Made Agus menambahkan, guna menyikapi peningkatan jumlah kendaraan tersebut, pihaknya pun menginstruksikan kepada jajarannya agar memperketat penyekatan kendaraan di pos-pos penyekatan.

“Pengawasan di daerah perbatasan akan semakin diperketat jajaran Ditlantas Polda DIY yang dipusatkan di tiga pos check point, yakni di Prambanan, Kulonprogo dan juga di Tempel,” katanya.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya pendatang yang nekat mudik dan berpotensi menyebarkan virus Corona. Diharapkan, dengan adanya penyekatan ini maka bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Dengan tetap mempedomani himbauan pemerintah, untuk melarang adanya aktivitas mudik maka jelang H-3 Lebaran, Ditlantas Polda DIY memperketat pintu pintu masuk dan jalan tikus di perbatasan Yogyakarta sehingga kendaraan yang akan masuk ke wilayah Yogyakarta tetap terpantau" ucapnya.

Peningkatan jumlah kendaraan pemudik juga terjadi di wilayah Jawa Timur (Jatim). Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, adanya peningkatan kendaraan yang masuk ke wilayah Jatim pada H-3.

“Yang meningkat itu kendaraan pribadi dan hampir semuanya membawa surat keterangan sehingga mereka pun bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan,” ucapnya.

Pranatal juga mengatakan, selama ini pihaknya pun sangat berhati-hati dalam melakukan pemeriksaan mengenai surat yang dibawa oleh para pengendara tersebut.

“Kalau hanya surat keterangan hasil rapid test saja tidak bisa, kecuali ada juga sura membawa lainnya seperti surat tugas,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso.

Erlangga mengatakan, sejak adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jumlah kendaraan yang melintas menurun hingga 70 persen. Tetapi, setelah PSBB selesai ada peningkatan kembali sebesar 10 persen.

“Ada peningkatan arus lalu lintas, tetapi tidak sepadat saat menjelang Lebaran 2019. Sekitar 10 persen,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/22/071200815/volume-kendaraan-pemudik-meningkat-polisi-perketat-wilayah-jateng-dan-jatim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke