Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Urut Kaki-kaki Mobil, Siapkan Rp 5 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas dalam waktu dekat ini? Pastikan kendaraan dalam keadaan baik agar nyaman dipakai di jalan.

Salah satu komponen yang menunjang kenyamanan berkendara adalah kaki-kaki mobil yang sehat. Sebab, bagian ini berfungsi untuk meredam segala guncangan yang diterima mobil saat perjalanan.

Kaki-kaki mobil yang rusak akan berimbas pada komponen lainnya jika tidak segera diperbaiki. Misal, shockbreaker yang mati, kalau tidak diganti akan berpengaruh pada usia bearing, bushing arm, hingga ban.

Saat kondisi ini sudah terjadi, konsumen harus membayar lebih mahal, karena menunda jadwal penggantian salah satu komponen. Sejumlah spare part pun harus diganti sekaligus karena usia pemakaian yang lebih cepat.

Pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, Apre, menyarankan, sebaiknya konsumen mengganti shockbreaker mobil bekas yang baru dibeli. Terutama jika usia mobil yang diincar sudah lebih dari lima tahun.

“Tanda-tanda paling awal muncul bunyi-bunyi saat lewat polisi tidur, atau suara jedug seperti mentok, itu merupakan tanda shockbreaker mobil,” ujar Apre saat dihubungi Kompas.com.

Apre melanjutkan, “Akan terasa penurunan perfoma saat kecepatan tinggi, seperti limbung dan mantul-mantul, jadi lebih baik diganti. Biasanya karena sering membawa beban berat dan melewati jalan rusak.”

Keausan ban yang tidak merata juga bisa jadi pertanda kerusakan shockbreaker. Misalnya, hanya tapak ban bagian luar yang habis, sementara tapak ban bagian dalam masih tersisa.

“Kalau setelah diganti masih ada masalah, artinya sudah merambat ke komponen lain. Bisa jadi bearing dan bushing arm minta diganti juga. Sekalian cek juga tie rod dan long tie rod,” kata Apre.

Bicara soal harga, Apre mengatakan, penggantian satu set shockbreaker untuk MPV berkisar Rp 2 jutaan sampai Rp 3 jutaan. Sedangkan untuk SUV biasanya lebih mahal, sekitar Rp 3 jutaan sampai Rp 4 jutaan. Sementara untuk harga bearing dan bushing arm berkisar Rp 500.000-an sampai Rp 1 jutaan.

“Sama ongkos pasangnya siapkan saja dana sekitar Rp 5 juta sampai Rp 7 jutaan untuk merekondisi bagian kaki-kaki mobil bekas,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/21/183100715/urut-kaki-kaki-mobil-siapkan-rp-5-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke