Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kaca Film Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering merasakan hawa panas di dalam mobil meski air conditioner (AC) sudah dinyalakan, bisa menjadi salah satu indikasi kaca film yang sudah tidak bekerja secara maksimal.

Meski tidak ada angka spesifik pada batas lama waktu penggunaan kaca film, namun ada beberapa faktor yang bisa membuat kaca film mobil menjadi cepat rusak.

Owner Authorized 3M Dealer Kedoya, Martin, mengatakan, salah satu faktor yang dapat merusak kaca film adalah prosedur pemasangan yang tidak sesuai.

“Faktor utama kerusakan itu dari pemasangan. Kalau dari awal pemasangannya itu tidak benar, pasti umur kaca filmnya ngga akan awet. Faktor lainnya, dari pemakaian mobil sendiri, dalam arti kalau mobilnya dijemur di bawah terik panas setiap hari selama bertahun-tahun akan membuat lem kaca filmnya lebih cepet kororsi,” ujar Martin.

Tidak hanya itu, Martin menlanjutkan, meletakan holder handphone (HP) pada kaca film juga bisa membuatnya cepat rusak.

“Holder HP juga bisa ngerusak kaca film, karena kan sistemnya facum. Jadi lama kemalan akan narik kaca film, sehingga kaca film bisa mengkerut,” katanya.

Kesalahan lain yang bisa memperpendek umur kaca film mobil adalah, membersihkan bagian dalam kaca film bagian dalam dengan cara yang salah. Hal tersebut kadang tidak disadari oleh pemilik mobil.

Penyebab lain yang tidak disadari oleh pemilk mobil adalah membersihkan kaca film bagian dengan cara yang sembarang. Namun, menurut Martin, hal tersebut tidak akan merusak selama membersihkan nya dengan cara yang benar.

“Banyak pemilik mobil yang sembarang membersihkan kaca bagian dalam mobil, sehingga bisa memperpendek usia kaca film. Jika ingin membersihkan kaca film bagian dalam gunakan kain microfiber dan tidak perlu dikasih cairan apapun, cukup di lap saja,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/12/184100815/kebiasaan-ini-bisa-merusak-kaca-film-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke