Salin Artikel

Hati-hati Menyimpan Ban Baru, Bisa Meletus Ketika Digunakan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengusaha jasa angkutan barang atau penumpang seperti truk atau bus, biasanya memiliki kendaraan lebih dari satu unit. Selain itu, menyediakan stok suku cadang seperti ban dalam jumlah yang tidak sedikit agar lebih ekonomis.

Dalam sebulan saja misalnya, angkutan barang seperti truk bisa berjalan lebih dari 5.000 km. Jadi, baiknya pengusaha memiliki tempat penyimpanan yang baik untuk ban. Jangan sampai menyimpan ban di luar ruangan, karena bisa berbahaya.

Bambang Widjanarko, Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, mengatakan, ban baru sekalipun, jika tergenang air di interior ban, bisa merusak komponen kawat.

“Ban yang diletakan di luar ruangan, air dari hujan bisa masuk ke interior ban dan menggenang. Genangan itu nantinya bisa membuat kawat baja ban menjadi korosi, khawatir kalau dipakai, bisa meletus,” kata Bambang kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang juga pernah mencoba memakai ban yang tergenang air selama dua minggu. Ketika digunakan di truk, ban meletus pada tempat di mana air tersebut menggenang. Air tersebut masuk melalui pori-pori ban sehingga kawat baja menjadi berkarat.

“Korosi pada kawat ban melepaskan rekatan antara kerangka dengan karet ban. Lalu udara masuk ke rongga antara kerangka dan karet ban, itu yang membuat ban kembung dan bisa meledak,” ucap Bambang.

Jadi penempatan yang baik seperti rak di dalam ruangan yang tertutup lebih disarankan. Lalu ketika mendapatkan ban baru yang basah pada bagian dalamnya, bisa segera dibersihkan lalu dikeringkan agar kawat pada ban tidak berkarat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/12/090200015/hati-hati-menyimpan-ban-baru-bisa-meletus-ketika-digunakan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.