Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fenomena Harga Motor Selangit Disebut Akal-akalan Pedagang

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif roda dua dikejutkan beberapa kali dengan hadirnya motor lawas yang harganya selangit. Setelah Yamaha RX-King terjual Rp 150 juta, belum lama ini ada juga Honda NSR 150 SP yang dibeli dengan harga di atas Rp 200 juta.

Ricky Mahendra, pencinta motor sport 2-tak lawas, mengatakan, trik tersebut hanya akal-akalan pedagang saja agar harga motornya naik. Untuk motor impor seperti NSR 150 SP, menurutnya wajar jika harganya tinggi. Tapi, tidak sampai tembus Rp 200 juta juga.

"Seolah-olah sekarang jadi komoditas mahal. Untuk RX-King, logikanya masa produksi motor itu lebih dari 20 tahun. Jadi, terbayang total produksinya sampai berapa unit. Tidak bisa dibilang langka," ujar Ricky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Mulyanto, pecinta motor klasik pemilik akun Instagram @motor_tua_jakarta, mengatakan, modus pura-pura motor laku dengan harga tinggi agar harga motor tersebut naik, sudah biasa.

"Iya, itu sudah biasa. Ada saja yang seperti itu, Honda Grand dijual Rp 80 juta, Yamaha RX-King Rp 150 juta, dan lain-lainnya," kata Mulyanto.

Mulyanto menambahkan, ada yang bermodal foto kwitansi pembelian dengan angka yang fantastis. Padahal, motor tersebut tidak ke mana-mana. Tujuannya agar viral dan harga motornya atau harga pasaran motor itu naik.

"Saya juga sering dapat tudingan seperti ini juga. Makanya, kalau ada yang beli, selalu saya unggah foto pembelinya," ujar Mulyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/12/031151515/fenomena-harga-motor-selangit-disebut-akal-akalan-pedagang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke