Salin Artikel

Salah Kaprah Bersihkan Debu Pakai Wiper

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat mobil menjadi jarang digunakan. Sehingga, mobil menjadi berdebu, apalagi jika parkirnya di tempat terbuka.

Saat mobil akan dipakai, tak sedikit yang malas untuk mencucinya terlebih dulu. Bahkan, beberapa orang ada yang membersihkan debu menggunakan wiper.

Menurut Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa kebiasaan pemilik mobil yang dapat merusak wiper, khususnya bagian karetnya.

"Entah karena malas atau tidak sempat mencuci mobil, kacanya berdebu, dan pemilik mobil membersihkannya dengan menggunakan wiper. Padahal, kebiasaan ini sangat salah dilakukan," ujar Bambang, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Membersihkan debu pada kaca dengan menggunakan wiper dapat membuat karet wiper menjadi rusak. Selain karet, kaca mobil pun juga terdampak dari kebiasaan ini.

"Debu-debu atau pasir halus yang menempel pada karet wiper juga dapat menyebabkan goresan halus pada kaca," kata Bambang.

Bambang menyarankan, sebaiknya basahkan kaca terlebih dahulu sebelum menggunakan wiper. Untuk itu, periksalah tabung pengisian air wiper yang bertanda 'washer fluid only' secara rutin.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/08/154100115/salah-kaprah-bersihkan-debu-pakai-wiper

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.