Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Nenek Moyang Honda Beat, Sudah Ada sejak 1983

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda BeAT menjadi salah satu skuter matik (skutik) terlaris yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Skutik ini pertama kali dipasarkan pada 2008 silam di Indonesia.

Namun, ternyata jauh sebelum itu, Honda juga pernah memproduksi Beat pada 1983. Skutik ini dijual secara domestik atau khusus untuk konsumen di Jepang saja.

Namanya mungkin terdengar sama, tapi secara penulisannya berbeda. Skutik yang dijual di Indonesia menggunakan nama BeAT, yang merupakan gabungan dari Be AT.

Kala itu, Honda membekalinya dengan mesin 2-tak berkapasitas 50 cc. Mesinnya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 7,1 tk pada 7.000 rpm dan kecepatan maksimumnya mencapai 60 kilometer per jam.

Skutik ini merupakan motor 2-tak pertama yang menggunakan sistem pendingin cairan atau radiator. Teknologi lainnya yang menarik adalah Variable Torque Amplification Chamber System (V-TACS).

Dengan teknologi tersebut, torsi yang dikeluarkan akan berbeda saat motor ada di putaran bawah dan putaran tinggi. Fitur ini diaktifkan secara manual dengan menginjak pedal yang ada di sebelah kiri dek tengah.

Bicara soal desain bodi, tampilannya memang sangat unik. Dengan kapasitas mesin yang kecil, tapi dimensi bodinya cukup besar. Jika diperhatikan, bagian depan layaknya mobil sport.

Sistem penerangannya dibekali dengan dua lampu halogen. Di bodi depan ini juga terdapat radiator di dalamnya.

Terobosan lain Honda pada skutik ini adalah penggunaan aki kering. Saat itu, pada umumnya motor masih menggunakan aki basah.

Bagian spidometer juga layaknya mobil, terpisah antara pengukur kecepatan dengan pengukur putaran mesin atau takometer.

Honda Beat dijual dengan harga yang cukup tinggi pada masanya. Sehingga, walaupun secara teknologi cukup canggih, tapi penjualannya hanya bertahan tiga tahun. Honda menyuntik mati Beat pada 1986.

Data spesifikasi Honda Beat:

PxLxT: 1690 x 580 x 985Axle1,140 mm
Berat: 65 kg
Mesin: typeAF07E / Water-cooled 2-stroke single cylinder
Kapasitas mesin: 49cc
Tenaga maksimum: 7.2PS / 7000rpm
Torsi maksimum: 0.73kg-m / 7000rpm
Kapasitas tangki bahan bakar: 4L
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Swing unit
Ban depan dan belakang: 3.00-10-2PR

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/02/140200915/mengenal-nenek-moyang-honda-beat-sudah-ada-sejak-1983

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke