Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Viral Foto Agya Jadi Morris Mini | Sopir Sasis Bus Mirip Pebalap F1

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kondisi mobil sudah mengenaskan, sebagian orang memilih untuk memodifikasi dibandingkan merestorasinya. Hal tersebut yang terjadi pada Toyota Agya ini.

Pemilik Toyota Agya Type G 1.0 lansiran 2013 ini membangun mobilnya tersebut menjadi Mini Morris. Pengerjaannya sendiri dipercayakan ke Cornerstone Bodyworks yang berlokasi di Kedoya, Jakarta Barat.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal sopir sasis bus yang mirip pebalap F1. Regulasinga ternyata seperti ini.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 30 April 2020:

1. Viral Foto Toyota Agya Modifikasi Berubah Jadi Morris Mini

Pemilik Toyota Agya Type G 1.0 lansiran 2013 ini membangun mobilnya tersebut menjadi Mini Morris. Pengerjaannya sendiri dipercayakan ke Cornerstone Bodyworks yang berlokasi di Kedoya, Jakarta Barat.

Awalnya, pemilik mobil mempunyai Agya yang kondisinya sudah memprihatinkan. Lalu, dia berkunjung ke bengkel kami dan melihat kami banyak mengerjakan mobil Mini klasik," ujar Budiman, Kepala Bengkel Cornerstone Bodyworks, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

2. Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Transmisi Manual

Mobil dengan transmisi manual masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Alasannya beragam, dari harga yang lebih terjangkau, tangguh melintasi berbagai medan jalan, hingga anggapan biaya perawatan mudah dan murah.

Tetapi, tak sedikit dari penggunanya yang kerap melakukan kebiasaan buruk saat mengemudikan mobil. Alhasil, perbaikan untuk beberapa komponen lebih cari dari seharusnya, bahkan rusak.

3. Komentar Pencinta Morris Lihat Agya Diubah Jadi Mini

Belum lama ini, viral di media sosial penampakan foto mobil klasik Morris Mini Cooper. Namun, hanya tampilan luarnya, karena mesin dan interiornya merupakan hasil modifikasi dari dasar Toyota Agya.

Selain mesin dan interior, bagian sasisnya menggunakan milik Agya, mobil murah besutan Toyota. Cornerstone Bodyworks yang menggarap mobil ini hanya mengandalkan bagian bodi dan lampu-lampu dari Morris Mini.

Penampakan mobil ini juga mengundang rasa penasaran dan komentar dari banyak pencinta mobil klasik, salah satunya adalah Rizky Kesuma.

4. Pernah Lihat Sopir Sasis Bus yang Mirip Pebalap F1? Ini Regulasinya

Jika kita kerap melintas di Tol Cikampek atau Transjawa, pasti pernah melihat sopir sasis bus tanpa bodi, yang mirip pebalap Formula 1. Mirip dalam artian, mereka pakai jaket, helm dan sarung tangan saat menyetir sasis bus tanpa bodi.

Pembuatan bus terdiri dari bodi dari karoseri dan sasis dari pabrikan. Biasanya untuk sasis bus dengan model ladder frame, diantarkan langsung dari pabrik ke karoseri lewat jalur darat.

Prasetyo Adi, Deputy GM. Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan, memang benar pengantaran sasis ladder frame dari pabrik ke diler atau karoseri dilakukan dengan cara dibawa jalan/disetir.

“Sasis dikirim bisa dari pabrik langsung ke diler atau karoseri. Bisa juga dari diler ke karoseri,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Rabu (19/4/2020).

5. Mobil Lama Nganggur Selama PSBB, Perlukah Cabut Aki?

Kondisi aki harus tetap prima agar bisa digunakan secara optimal. Pasalnya, komponen ini menjadi sumber utama saat menghidupkan mesin mobil.

Salah satunya, dengan melakukan pemanasan mesin secara rutin. Tetapi, bagaimana jika mobil digunakan tidak digunakan dalam jangka waktu lama karena kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Banyak yang beranggapan, jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu lebih baik aki dicabut. Namun, ada pula yang berpandangan bahwa mencabut aki merusak bagian mesin terutama pada mesin injeksi. Lantas anggapan mana yang benar?

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/01/060200315/-populer-otomotif-viral-foto-agya-jadi-morris-mini-sopir-sasis-bus-mirip

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.