Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengaman Tambahan Motor yang Bisa Bikin Ribet Maling

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya tingkat kejahatan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat para pemilik kendaraan tidak hanya mengandalkan kunci kontak berpengaman dengan penutup magnetis.

Pemilik motor harus menambahkan kunci pengaman tambahan untuk semakin mempersulit maling yang ingin melakukan pencurian motor.

Ada beberapa model kunci pengaman atau gembok motor yang dijual di pasaran. Selain model beragam, lokasi penempatan gembok tersebut juga variatif, ada yang mengunci tuas gas, mengunci roda, mengunci bagian rem cakram dan lainnya.

Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan, Asep Suherman, mengatakan, idealnya memang menggunakan kunci pengaman tambahan.

Sebab, cara ini dinilai minimal bisa memperlambat waktu pelaku kejahatan dalam melakukan aksinya.

“Pengaman tambahan yang lumayan baik digunakan menurut saya adalah gembok cakram. Sebab, pelaku kejahatan minimal harus dua kali memposisikan dirinya dalam melakukan tindak kejahatan, yaitu membuka gembok cakram dan membobol kunci kontak,” ujar Asep kepada Kompas.com.

Hal yang senada juga diucapkan oleh Kepala Mekanik AHASS DAM, Wahyudin, ia mengatakan, yang paling aman adalah kunci pengaman roda dengan model U.

“Tapi, paling sederhana penggunaannya adalah pengunci cakram,” ujar Wahyu.

Sementara, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, menyarankan, untuk lebih memperketat pengamanan kendaraan. Pasalnya, pencuri motor sekarang semakin nekat.

Seperti beberapa kasus yang terjadi belakangan ini, meski sudah menggunakan kunci pengaman tambahan, pencuri motor tetap mencuri kendaraan dengan cara mengangkat ban depan.

“Sebaiknya, pemilik motor melakukan tindakan preventif dengan menggunakan pengamanan ganda pada kendaraannya. Seperti penambahan gembok atau rantai yang disambungkan ke tiang mungin bisa menjadi solusi lainnya untuk mencegah pencurian tersebut,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/30/162100915/pengaman-tambahan-motor-yang-bisa-bikin-ribet-maling

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke