Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Hyundai Siap Layani Tenaga Medis Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengandeng Grab, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyediakan mobil listrik Ioniq Electrik bagi para tenaga medis yang menangani pandemi virus corona (Covid-19).

Mobil listrik asal Korea Selatan ini disediakan ditiga rumah sakit rujukan Covid-19, yakni RSPI Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, dan RSPAD Gatot Soebroto.

SungJong Ha, Presiden Direktur PT HMID, mengatkan penyediaan Ioniq diharapkan bisa memberikan dukungan bagi tenaga medis, terutama dalam hal mobilitas di tengah pandemi corona, di mana banyak transportasi umum juga terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami berharap Ionic electric melalui kerja sama dengan Grab dalam menyediakan transportasi yang aman bagi tenaga kesehatan, dapat meringankan salah satu kebutuhan dasar serta meningkatkan mobilisasi mereka di tengah upaya mereka dalam merawat para pasien," ucap SungJong dalam keterangan resminya, Kamis (30/4/2002).

Tidak hanya itu, untuk menyemangati petugas medis dalam menjalankan aktivitasnya, Hyundai juga melengkapi armada Grab dengan tulisan "Pengantar Pejuang Medis Indonesia". Pesan tersebut bertujuan sebagai apresiasi bagi pera petugas kesehatan.

Hyundai Ioniq Electrik akan melayani petugas tenaga kesehatan dari 27 April hingga 26 Juni 2002 dengan jam operasional 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. Batasan penumpang akan tetap mengikuti regulasi kesehatan yang berlaku.

"Pengemudi kami dilengkapi dengan APD, seperti pembersih tangan dan disinfektan untuk perjalanan bersama penumpang umum, serta setelan hazmat untuk perjalanan dengan tenaga kesehatan," ucap Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Partisi plastik juga kami aplikasikan sebagai pemisah antara kursi pengemudi dan penumpang untuk mencegah transmisi COVID-19," kata dia.

Hyundai Ioniq berjalan dengan dapur pacu baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kW. berdasarkan data di atas kertas, mobil ini mampu menjelajah 373 km dalam kondisi baterai penuh.

Motor elektrik yang digunakan mampu mengantarkan tenaga maksimum hingga 136 Ps/100 kW dengan torsi sebesar 285 Nm. Pengisian baterai hingga 80 persen bisa dilakukan dengan waktu 54 menit menggunakan fast charging 100 kW.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/30/142444015/mobil-listrik-hyundai-siap-layani-tenaga-medis-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke