Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas di Jakarta Selama PSBB Turun Drastis

JAKARTA, KOMPAS.com - Intensitas kendaraan bermotor yang menurun selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta berbanding lurus terhadap tingkat kecelakaan lalu lintasnya.

Jakarta Selatan misal, pihak kepolisian mengatakan bahwa tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut turun drastis hingga 40 persen selama pembatasan aktivitas ini.

"Secara kuantitas angka kecelakaan sementara ini menurun, berkisar 30 sampai dengan 40 persen," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo, Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Namun, beberapa kecelakaan lalu lintas masih saja terjadi saat jalan raya sepi. Pengendara yang terlibat kecelakaan biasanya mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

"Secara kuantitas menurun, tapi secara kualitas kadang-kadang lebih parah karena jalanan longgar dan mungkin orang out of control karena mengantuk jadi menabrak," ujarnya.

Widodo juga mengatakan jalanan yang relatif sepi atau longgar membuat pengendara leluasa memacu laju kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Bahkan tak jarang ada pengendara yang kebut-kebutan. Inilah yang membuat kualitas kecelakaan justru meningkat.

"Biasanya yang bandel-bandel itu ngebut," kata dia.

"Kita sudah ada petugas (di 34 pos pantauan atau check point), tingkat kesadaran masyarakat kita yang arogan, jadi harus diimbau terus. Termasuk media yang bantu mengimbau kepada masyarakat," ujar Widodo.

Ia juga mengingatkan supaya masyarakat tetap di rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, serta beribadah dari rumah selama PSBB jika memang tidak ada kebutuhan mendesak.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/28/172200115/-jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-di-jakarta-selama-psbb-turun-drastis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke