Salin Artikel

Mengecek Kondisi Oli Sepeda Motor di Rumah Aja

JAKARTA, KOMPAS.com – Oli merupakan komponen penting pada sepeda motor. Pengecekan oli motor bisa dilakukan di rumah aja, sekalian mengisi waktu selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sekaligus ngabuburit bulan puasa.

Mengecek kondisi oli motor termasuk penting, apalagi kondisi motor saat ini lebih sering di rumah. Selagi di rumah, bisa dilakukan perawatan oli motor di rumah. Perawatan yang dilakukan bisa berupa mengecek kapasitas dan kondisi dari olinya.

Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) akan menjelaskan caranya.

“Pengecekan kapasitas oli bisa melalui tuas level oli. Pada tuas tersebut tersedia indikator atas (upper) dan bawah (lower),” ucap Endro kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Tuas level oli biasanya terletak dekat knalpot motor skuter matik (skutik) sedangkan pada motor bebek dan sport, ada di bagian kanan dekat tuas rem belakang. Ketika membuka tutup oli, bisa dilihat kondisinya.

“Mengecek kondisi oli, biasanya dilihat dari warnanya. Kalau sudah hitam atau berubah warna, segera diganti. Bisa juga mengganti oli dengan mengikuti jadwal periodiknya,” ucap Endro.

Setelah mengetahui kondisi oli, untuk mengecek kapasitasnya, bersihkan terlebih dahulu tutup oli. Setelah dibersihkan, masukan kembali tutup oli ke lubang masuk, tidak perlu dikencangkan. Lalu ambil kembali, akan ada sisa oli di batang pengukurannya.

Jika sisa oli ada di antara batas upper dan lower, kapasitasnya masih aman. Sedangkan jika ada di lower, berarti kapasitas oli kurang. Pastikan ketika mengecek kapasitas oli, motor menggunakan standar tengah dan di atas permukaan yang datar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/28/094200315/mengecek-kondisi-oli-sepeda-motor-di-rumah-aja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.