Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akibat Larangan Mudik dan Pandemi Corona, Pengguna Tol Solo-Ngawi Turun 50 Persen

SOLO, KOMPAS.com- Adanya pandemi Corona ditambah larangan mudik Lebaran 1441 H, serta penyekatan di sejumlah titik berdampak pada menurunnya jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol ruas Solo-Ngawi.

Sampai dengan April 2020, jumlah kendaraan terus menurun hingga mencapai lebih dari 50 persen.

Pengelola jalan tol Solo-Ngawi, PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) belum bisa memprediksi berapa jumlah kendaraan yang melintas saat momen Lebaran tahun ini.

Direktur Utama (Dirut) PT JSN, Ari Wibowo mengatakan, bahwa sejak adanya pandemi Corona serta penerapan larangan mudik tersebut trafik lalu lintas di jalan tol terus menurun.

“Januari lalu trafik lalu lintas di tol Solo-Ngawi sebanyak 15.000 kendaraan, tetapi awal April menurun menjadi 6.000 dan Sabtu (25/4/2020) kemarin jadi 5.000 kendaraan,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Ditanya mengenai prediksi jumlah kendaraan saat momen Lebaran tahun ini, Ari menyampaikan, jika awalnya memprediksi akan terjadi kenaikan sebesar 50 persen dari trafik Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yakni 6.000 kendaraan.

“Tetapi dengan kondisi seperti ini perlu direview kembali,” ucapnya.

Selama ini jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol Solo-Ngawi didominasi dari arah Jakarta dan juga Jawa Timur dengan perbandingan 50:50.

Ari menambahkan, meski terjadi penurunan angka kendaraan pengguna jalan tol tetapi untuk tol Solo-Ngawi akan tetap beroperasi. Hanya saja, ada pembatasan kendaraan yang diperbolehkan melintas di jalan tol tersebut.

Pembatasan ini dilakukan oleh masing-masing kepolisian di wilayahnya, seperti di perbatasan dengan Ngawi di KM 579.

“Tidak ada yang ditutup, penyekatan ini dilakukan masing-masing wilayah oleh kepolisian, untuk arah Jawa Timur juga diperiksa di gerbang Nawi. Pemeriksaan ini dilakukan baik pengemudi yang dari arah Jateng maupun Jatim,” ujarnya.

Meskipun, lanjutnya, kendaraan yang melintas di jalan tol Solo-Ngawi diminta putar balik karena diketahui akan mudik tetapi kendaraan tersebut sudah masuk dalam hitungan trafik pengguna tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/27/145158015/akibat-larangan-mudik-dan-pandemi-corona-pengguna-tol-solo-ngawi-turun-50

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke