Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ngabuburit di Rumah Aja, Sambil Cek Volume Air Aki Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan puasa biasanya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka.

Tetapi, dengan kondisi pandemi Corona dan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya lebih baik berada di rumah saja.

Banyak kegiatan yang juga bisa dilakukan di rumah sembari menunggu buka puasa tiba. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan volume air pada aki atau akumulator mobil.

Aki merupakan komponen yang cukup penting pada kendaraan roda empat. Penyimpan energi listrik itu merupakan komponen vital yang bertugas untuk menggerakkan mesin saat kunci kontak diputar.

Maka dari itu, kondisinya juga harus tetap terjaga sehingga kinerjanya akan tetap optimal saat digunakan.

Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan memastikan volume air pada aki, jangan sampai aki kekurangan air sehingga bisa merusak elemen di dalamnya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, untuk tetap menjaga aki tetap baik adalah memastikan airnya berada di tengah-tengah batas yang diperbolehkan.

“Jangan sampai air di atas upper atau batas atas maupun di bawah batas terendah atau low,” kata Suparna kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Ada konsekuensi yang bakal terjadi jika volume air aki tidak sesuai dengan yang direkomendasikan.

Misalkan volume air aki terlalu banyak atau justru kurang hingga bagian elemen di dalam aki tidak seluruhnya terendam.

“Jika air terlalu banyak atau melebihi batas maksimal maka akan terjadi penguapan saat digunakan, ini bisa menyebabkan terjadinya korosi pada komponen lainnya,” ujarnya.

Begitu pula sebaliknya, jika cairan akumulator berada di bawah batas terendah juga akan membuat kerja aki juga tidak maksimal.

“Hal ini disebabkan karena elemen yang ada di dalamnya tidak terendam oleh cairan, sehingga juga kurang maksimal kerjanya,” ujarnya.

Untuk itu, Suparna pun menyarankan agar volume air aki tetap terjaga yakni tetap berada di tengah-tengah dari batas atas dan juga batas bawah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/24/141200015/ngabuburit-di-rumah-aja-sambil-cek-volume-air-aki-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke