Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Tahu, Beberapa Akses Darurat pada Bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus merupakan kendaraan penumpang yang bisa mengangkut belasan sampai puluhan orang sekali angkut. Transportasi umum seperti bus biasanya memiliki pintu darurat yang digunakan dalam kondisi yang mendesak.

Terjebak di bus saat kecelakaan memang bukan situasi yang diinginkan. Namun, jika terjebak, sebaiknya penumpang sudah mengetahui beberapa akses keluar dari kabin bus, selain pintu darurat.

Beberapa akses ini bisa digunakan, jika terpaksa harus segera keluar dalam kondisi darurat.

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana, mengatakan, untuk pintu darurat pada bus, memang hanya ada satu, cara kerjanya pun sama dengan pintu pada biasanya.

“Fungsi pintunya sama seperti biasa, ada tuas untuk membukanya, hanya saja ada cover penutupnya. Covernya itu yang hanya bisa sekali pakai, jadi kalau dibuka, harus ganti covernya,” kata Werry kepada Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Pintu darurat bus biasanya ada di bagian belakang kanan bus. Selain itu, ada juga akses keluar lain, yaitu melewati jendela atau atap bus.

Setiap bus pasti dilengkapi dengan alat pemecah kaca, lalu kalau di bagian atap berupa tonjolan yang bisa dibuka dari dalam.

“Palu pemecah kaca harus ada di kabin. Memecahkan dengan alat lain memang bisa, tapi lebih mudah gunakan palu karena sesuai peruntukkannya. Kalau jalan keluar yang lewat atap, bisa dibuka dengan kenop dari kabin,” ucap Werry.

Jadi, ketika terjebak di dalam kabin bus, penumpang sudah mengetahui posisi pintu darurat dan akses lain yang bisa dijadikan jalan keluar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/18/090200715/banyak-yang-belum-tahu-beberapa-akses-darurat-pada-bus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke