Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Corana via Transportasi, Bus AKAP dari Jakarta Diawasi Ketat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara intensif melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah. Hal ini dilakukan terkait implementasi pengendalian transportasi dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), terutama menjelang musim mudik.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah khususnya di Pulau Jawa.

Seluruh kepala daerah juga telah sepakat untuk melakukan pengawasan ketat dalam implementasi pencegahan Covid-19.

"Jadi pembatasan transportasi dalam PSBB adalah dengan mengurangi jumlah penumpang. Untuk bus AKAP sejauh ini tetap bisa beroperasi dengan syarat mengurangi 50 persen dari total kapasitas kursinya," ujar Adita dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

"Kami terus koordinasikan, mengenai implementasi pengendalian transportasi pada daerah khususnya yang telah ditetapkan PSBB, serta terkait penyiapan pedoman dan petunjuk teknis pengendalian mudik tahun ini," kata Adita.

Lebih lanjut Adita mengatakan, Kemenhub juga telah meminta kepala daerah untuk bersama memahami dinamika penyebaran dan penanganan corona.

Dengan demikian, masih dimungkinkan adanya penyesuaian dalam setiap keputusan pemerintah, khusus pada sektor transportasi.

Seperti diketahui, Kemenhub telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) dalam rangka pengendalian transportasi guna mencegah penyebaran corona.

Permenhub tersebut juga akan digunakan sebagai acuan dalam pengendalian mudik 2020.

"Pada prinspinya penyesuaian dimungkinkan untuk tujuan pencegahan maksimal penyabaran virus tersebut dan memberikan perlindungan maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat," kata Adita.

Selain itu, bagi masyarakat yang berkeras tetap mudik dan berasal dari wilayah yang ditetapkan sebagai PSBB, diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah kedatangan di kota tujuan mudik dan 14 hari setelah kembali ke Jakarta atau kota lain tempat mereka kembali.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/12/102100515/cegah-corana-via-transportasi-bus-akap-dari-jakarta-diawasi-ketat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke