Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Terapkan PSBB, Polres di Jateng Ajak Pengendara Pakai Masker

SOLO, KOMPAS.com - Pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) baru diterapkan di wilayah DKI Jakarta.

Sejumlah petugas pun disiagakan untuk memeriksa setiap pengendara yang memasuki wilayah DKI Jakarta.

Para pengendara diwajibkan untuk mengenakan masker saat berkendara, baik pengendara roda dua maupun roda empat.

Bagi pengendara yang melanggar aturan PSBB sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam Pergub nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB, pelanggar bisa dikenakan sanksi penjara satu tahun dan denda Rp 100 juta.

Mengenakan masker bagi pengendara ini juga digencarkan di sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah (Jateng) salah satunya adalah di wilayah Karanganyar.

Jajaran kepolisian dari Polres Karanganyar terus melakukan sosialisasi kepada para pengendara agar mengenakan masker saat bepergian.

“Kegiatan yang kami lakukan ini sifatnya imbauan, agar pengendara mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Dewi Endah Utami kepada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Dewi menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga menyiapkan sejumlah masker yang akan diberikan kepada para pengendara yang kedapatan belum membawa.

“Selama persediaan masker masih ada kami akan berikan masker kepada para pengendara yang tidak mengenakan masker,” ucapnya.

Dewi juga mengatakan, selama kegiatan masih banyak ditemukan para pengendara yang tidak mengenakan masker.

Mereka memberikan berbagai alasan kenapa tidak mengenakan masker. Mulai dari lupa, ketinggalan di rumah, hingga memang tidak mempunyai masker.

“Lumayan banyak kami temukan yang belum memakai masker. Ada yang memang tidak punya, ada yang lupa, katanya ketinggalan dan sebagainya,” ucapnya.

Dewi mengatakan, kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19.

Selain melakukan kegiatan di jalan, pihaknya juga mendatangi sejumlah tempat untuk mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan membagikan masker kepada warga.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/11/144051115/jakarta-terapkan-psbb-polres-di-jateng-ajak-pengendara-pakai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke