Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda CB400SF Cafe Racer, Jelmaan Anjing Bulldog

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom bergaya cafe racer masih digemari banyak orang, khususnya yang menyukai motor-motor kencang. Dengan menggunakan bahan moge atau setidaknya di atas 250 cc, konsep cafe racer bisa lebih menonjol lagi.

Salah satu bengkel motor custom yang melakukannya adalah AMS Garage yang ada di Bali. Bengkel yang terkenal banyak menghasilkan motor bergaya cafe racer menggunakan basis Honda CB400SF.

"Memang sengaja pilih konsep cafe racer untuk Honda CB400SF ini, karena menurut saya sangat cocok sekali karakter mesinnya dengan konsep cafe racer," ujar Putu Ajus Mulyawarman, builder AMS Garage, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Putu menambahkan, motor ini diberi nama Bulldog. Sesuai namanya, Putu menjelaskan, bahwa konsep motornya terinspirasi dari anjing ras Bulldog.

"Desainnya mirip dengan Bulldog yang bodinya agak gemuk. Begitu pula dengan pengerjaan bodi dari bahan aluminium yang sengaja saya buat sedikit gemuk," kata Putu.

Desain bodi yang dibuat padat berisi tersebut mengikuti konstruksi mesin CB400SF yang menggunakan 4-silinder sejajar. Sehingga, dimensinya jadi lebih lebar.

Putu menceritakan, proses tersulit dalam mengerjakan motor custom ini ada di bagian bodinya. Menurutnya, cukup sulit untuk membuat bodi yang sesuai dengan dimensi mesin, tapi tetap terlihat garang.

"Untuk penyelesaiannya, tetap kami bikin mentah dan dikombinasi dengan hand polish sedikit berbentuk garis-garis," ujar Putu, yang menyelesaikan karyanya tersebut dalam waktu tiga bulan.

Data spesifikasi Honda CB400SF Cafe Racer oleh AMS Garage:
Sokbreker depan: Upside down Honda CB600
Monoshock: Ohlins
Single swingarm: Ducati Panigale
Pelek depan dan belakang: Ducati Panigale
Ban belakang: Pirreli 200
Ban depan: Pirreli 120
Lampu depan: Ducati
Lampu belakang: Bratz style aftermarket
Knalpot: full system stainless steel

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/11/100200815/honda-cb400sf-cafe-racer-jelmaan-anjing-bulldog

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke