Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lampu Motor Sering Mati, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

SOLO, KOMPAS.com - Lampu sepeda motor menjadi komponen yang sangat vital. Selain sebagai penerangan saat berkendara malam hari, lampu motor juga wajib dinyalakan pada siang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Untuk itu, kondisi lampu utama motor haruslah dipastikan dalam menyala sebelum berkendara, sehingga aman saat melaju di jalan raya.

Tetapi, seperti halnya komponen lainnya, penerangan motor ini juga tidak luput dari permasalahan hingga membuatnya tidak bisa menyala saat digunakan.

Tentunya banyak penyebab yang membuat lampu utama motor mati. Mulai kondisi lampu itu sendiri, kabel-kabel, rumah lampu hingga yang terakhir adalah kerusakan pada kiprok atau rectifier regulator.

Tetapi, jika semua komponen seperti lampu, kabel dan rumah ternyata tidak ditemukan masalah kemungkinan besar akar permasalahannya ada pada kiproknya.

Kerusakan pada kiprok ini bisa dideteksi jika lampu sering mati saat digunakan. Terutama saat motor digas pada rpm tinggi lampu akan langsung mati.

Selain itu, jika rectifier sudah rusak akan berdampak pada kerusakan pada komponen penyimpan energi listrik pada kendaraan. Meskipun, akumulator baru saja diganti atau usianya belum begitu lama.

Pemilik bengkel Naranata Motor, di Solo, Joko mengatakan, kiprok mempunyai fungsi sebagai penstabil arus dan tegangan dari mesin sebelum masuk ke aki.

“Kiprok ini sebagai penyearah atau pengubah arus dari spull dari arus AC diubah menjadi arus DC dan masuk ke aki,” kata Joko kepada Kompas.com, Jumat (10/4/2020).

Sehingga, lanjutnya, jika rectifier regulator ini mengalami masalah pastilah arus yang keluar ke kelistrikan juga akan tidak beres.

Salah satu gejala jika kiprok sudah rusak adalah lampu utama sering mati, terutama saat gas tinggi.

“Tanda-tanda kalau kiprok ini rusak adalah aki cepat rusak atau soak karena kelebihan arus dan juga saat motor digas tinggi lampu langsung putus,” ujarnya.

Apabila pemilik motor sudah merasakan gejala tersebut, sebaiknya langsung bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih tepat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/10/141200015/lampu-motor-sering-mati-bisa-jadi-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke