Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengulik Bedanya Suzuki Ignis Facelift di India dan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama setelah India, akhirnya Ignis facelift meluncur di Tanah Air. Mobil yang bermain di segmen city car ini pun datang dengan penampilan yang lebih segar meski sekilas tak jauh berbeda dengan model sebelumnya.

Menariknya, meski berasal dari India dengan status completely built-up (CBU), tapi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan bila model yang dipasarkan di Indonesia memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang dipasarkan Maruti Suzuki.

"Ignis masih dari India, tapi dari spesifikasi berbeda. Mulai dari karakter bahan bakar, regulasi, dan konsumen juga beda. Di India sudah BS6 yang emisinya dari Euro IV ke V, kalau kita masih Euro IV jadi ada beberapa perubahan spesifik di mesin," kata Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).

Tak hanya itu, Donny menjelaskan juga masih ada beberapa perbedaan lainnya. Mulai dari sisi material interior, sampai pilihan warna yang lebih banyak variannya untuk Indonesia.

Seperti diketahui, untuk Ignis facelift yang hadir di Indonesia dibungkus dengan material fabric, tapi motifnya telah diperbarui yang membuatnya nuansa interior lebih segar.

Untuk warna, Suzuki kini sudah menambahkan beberapa warna baru sehingga total ada sembilan pilihan warna pada Ignis facelift.

Donny mengatakan hal tersebut dihadirkan bukan karena agar ada perbedaan dengan Ignis di India, tapi lebih mengikuti tren permintaan pasar di Indonesia.

"Pilihan varian, headunit, warna, mesin, dan dari sisi permintaan pasarnya berbeda. Perubahan basik yang ada pada Ignsi di Indonesia di India itu tidak ada," ujar Donny.

Seperti diketahui, Suzuki Ignis facelift meluncur dengan beberapa kosmetik baru. Mula dari desain bumper depan dan diffuser yang baru, gril, fog lamp, bazel, dan model bumper belakang yang dibuat lebih dinamis dengan rear reflector dan diffuser.

Masuk ke sisi interior, ada lapisan jok dengan motif baru. Sementara untuk keyless diklaim sudah dibuat lebih modern dengan dimensi yang labih kecil sehingga memudahkan penggunananya.

Dari segi harga, Suzuki memasarkan Ignis mulai dari Rp 171 juta hingga Rp 200 juta untuk model tertingginya. Harga ini naik Rp 5 juta bila dibandingkan banderol Ignis Nik 2020 model sebelumnya, dan Rp 10 juta dengan Ignis Nik 2019.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/10/090200615/mengulik-bedanya-suzuki-ignis-facelift-di-india-dan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke