Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mekanisme Pembatasan Penumpang Saat PSBB, Ini Penjelasan Dishub

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Jumat (10/4/2020) mendatang.

Beberapa aturan harus ditaati masyarakat, termasuk juga mengenai pembatasan di transportasi umum dan kendaraan pribadi.

Meski Peraturan Gubernur (Pergub) belum keluar, tapi rupanya sudah beredar mekanisme pembatasan penumpang pada kendaraan pribadi dan transportasi umum yang kemungkinan akan diberlakukan saat PSBB dimulai.

Dalam edaran tersebut dijelaskan bahwa pengguna mobil pribadi tidak bisa mengangkut penumpang dengan jumlah seperti kondisi normal.

Artinya, harus ada pengurangan untuk menciptakan jarak atau physical distancing dalam kendaraan.

Disebutkan, mobil penumpang jenis sedan dari semula memiliki kapasitas empat orang menjadi tiga orang. Mekasnismenya, satu menjadi sopir dan dua penumpang di belakang.

Sementara untuk jenis mobil tujuh penumpang atau MPV, hanya boleh mengangkut empat penumpang dengan rincian, satu menjadi sopir, dua penumpang di baris kedua, dan satu di baris ketiga.

Untuk sepeda motor hanya boleh dikendarai sendiri tanpa penumpang. Sedangkan untuk kendaraan umum dengan kapasitas di atas tujuh penumpang wajib dipangkas 50 persen dari kapasitas angkutnya.

Dalam aturan tersebut juga dijelaskan bahwa transportasi online seperti taksi dan ojek tetap diperbolehkan beroperasi. Namun, dengan ketentuan yang sama.

Untuk taksi online sedan hanya boleh membawa tiga orang, sedangkan MPV empat orang. Adapun ojek online hanya boleh beroperasi untuk pengantaran barang, makanan, serta minuman.

Saat mengonfirmasikan hal ini, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, edaran itu hanya merupakan bagian dari kajian skenario internal. Belum resmi yang akan dituangkan dalam Pergub nanti.

"Bahan itu untuk analisis internal, hanya salah satu skenario yang kami kaji dari beberapa skenario yang ada," ujar Syafrin kepada Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

"Nanti dari keseluruhan skenarion akan kami kaji komprehensif untuk mendapatkan pengaturan yang ideal dan akan ditungkan dalam Pergub," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/09/134100915/mekanisme-pembatasan-penumpang-saat-psbb-ini-penjelasan-dishub

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke