Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Merokok di Dalam Mobil AC Bisa Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan orang yang merokok di dalam mobil, yaitu menyala atau mematikan pendingin kabin air conditioner (AC), terutama di Indonesia.

Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa berdampak negatif dan merusak komponen AC itu sendiri.

Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, mengatakan, menyala atau mematikan AC bisa merusak evaporator.

“Kabin fan AC pun akan menimbulkan bau tidak sedap, dan otomatis part evaporator AC akan lebih cepat kotor bahkan berlendir. Efek panjangnya bila tidak rutin dibersihkan akan membuat evaporatornya menjadi kotor dan korosi lalu bocor, begitu bocor jadinya harus ganti part dan biaya jadi mahal,” ujar Kelvin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (08/04/2020).

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, komponen magnetic clutch juga berpotensi mengalami kerusakan.

“Langsung rusak tidak, namun secara jangka panjang, magentic clutch bisa cepat aus, karena ada gesekan tiba-tiba pada putaran tinggi,” ujar Bambang.

Saat mobil melaju dengan RPM mesin tinggi, komponen yang bernama pulley juga menghasilkan putaran yang tinggi. Komponen tersebut selalu berputar ketika mesin mobil hidup atau nyala.

Jika AC dinyalakan saat RPM tinggi, maka pulley juga putarannya tinggi. Hal ini akan mengakibatkan gesekan antara pressure plate dengan pulley.

Efeknya memang tidak langsung, tetapi jangka panjang. Jika Gesekan tersebut terjadi berulang kali dan dalam waktu yang lama, tentu akan membuat komponen tersebut cepat aus.

Rusaknya kedua komponen ini akan berakibat pada perfoma AC mobil, bisa menjadi kurang atau tidak dingin. Selain itu suara berisik juga akan muncul ketika AC dalm kondisi menyala.

Bambang juga menyarankan kepada pengendara mobil untuk menyalakan mobil pada kondisi mesin idle atau berhenti. Jika memang terpaksa menyalakan AC saat melaju, sebaiknya kecepatan dikurangi terlebih dahulu.

“Jangan lupa untuk memposisikan AC dalam keadaan off ketika akan menghidupkan mesin mobil. Jika kondisi AC on saat mesin akan dihidupkan, maka kerja motor stater akan lebih berat. Sehingga, mesin mobil akan lebih susah untuk dihidupkan,” kata Bambang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/08/132400315/sering-merokok-di-dalam-mobil-ac-bisa-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke