Salin Artikel

Dilema Driver Ojol terhadap Penumpang yang Tak Pakai Masker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ojek online (ojol) menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan. Dengan membawa penumpang dan melakukan kontak cukup dekat, potensi virus corona tersebar jadi semakin besar.

Igun Wicaksono, Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda), mengatakan, kondisi pendapatan ojol turun drastis semenjak adanya kebijakan work from home (WFH) dan kegiatan masyarakat dirumahkan. Bahkan, penurunan pendapatan bisa berkisar 50 persen hingga 80 persen.

"Rekan-rekan ojol hanya mengandalkan layanan makanan dan kiriman barang saat ini untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," ujar Igun, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pemerintah juga sudah memutuskan melarang penumpang yang tidak memakai masker untuk menggunakan kendaraan umum sebagai tindak lanjut pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Meski bukan tergolong kendaraan umum, tapi pengguna ojol jumlahnya sangat banyak. Para pengemudi ojol juga sudah menyarankan untuk memakai masker.

Lalu, bagaimana kondisinya jika ada penumpang yang tidak membawa atau menggunakan masker?

"Dilematik, karena untuk menyediakan masker, kami tidak punya masker untuk penumpang. Jika order ditolak, kami tidak dapat penghasilan, dan performa kami juga anjlok jika batalkan order," kata Igun.

Igun berharap pihak aplikator menonaktifkan fitur penumpang dan terus melakukan sosialisasi aplikasi layanan pesan makanan dan barang.

Agar permintaan order makanan ataupun pengiriman barang dapat meningkat sebagai sumber penghasilan mitra ojol.

"Kami hanya andalkan layanan makanan dan kiriman barang saat ini untuk menutupi kebutuhan pokok sehari-hari," ujar Igun.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/06/170100615/dilema-driver-ojol-terhadap-penumpang-yang-tak-pakai-masker

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.