Salin Artikel

Sebelum Ganti, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Wiper Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper yang ada pada kaca mobil depan dan belakang, paling umum memiliki ada dua tipe. Pertama, frame (blade) satu lagi tanpa frame (frameless), serta keduanya memiliki berbagai perbedaan dalam cara kerjanya.

Untuk pemilihan tipe penyeka kaca biasanya tergantung dari pemilihan pemilik mobil, ada yang suka menggunakan frame tetapi ada pula jenis frameless.

Didi Ahadi selaku Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, wiper yang menggunakan frame seperti kebanyakan yang digunakan.

“Frame ini untuk menopang dan menekan karet wiper saat dioperasikan,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Sedangkan, lanjutnya, yang frameless tidak menggunakan frame karena wiper bladenya sudah didesain melengkung.

“Sehingga pada saat ditekan ke kaca wiper akan mengikuti kontur kaca,” ucapnya.

Selain perbedaan bentuknya, Didi jug menambahkan, ada kelebihan dan kekurangan dari kedua tipe tersebut. Untuk wiper yang menggunakan frame, karetnya tidak akan goyang-goyang karena ditopang blade.

“Kalau kelemahannya jika karetnya sudah rusak bisa saja frame atau blade mengenai kaca dan bisa membuat baret pada kaca,” ujarnya.

Sementara, masih kata Didi, jika penyeka air pada kaca mobil tipe frameless lebih simpel dibandingkan yang menggunakan frame.

Hal ini karena karet wiper otomatis akan mengikuti kontur kaca mobil. “Tetapi, ada juga kelemahannya, yakni mudah bergetar atau judder karena pegangannya hanya di tengah,” ucapnya.

Dengan adanya kelebihan dan kelemahan itu, tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi pemilik mobil yang ingin mengganti wipernya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/06/083200515/sebelum-ganti-kenali-kelebihan-dan-kekurangan-wiper-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.