Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daihatsu Taft Reborn Jadi Lebih Mungil, Siap Dijual Juni 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu kembali menghadirkan sport utility vehicle (SUV) legendarasinya, yakni Taft. Mobil yang datang kembali sebagai model reinkarnasi ini, dikabarkan sudah siap dipesan untuk pasar Jepang.

Daihatsu Taft concept sebelumnya ditampilkan pada ajang Tokyo Auto Salon pada pertengahan Januari 2020.

Bila melihat sedikit lebih jauh, model ini merupakan pengembangan dari konsep Waku-Waku yang sebelumnya dihadirkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019.

Melihat dari bentuknya, generasi terbaru dari Daihatsu Taft ini tak lagi memiliki desain kotak yang kekar dan tinggi, melainkan menjelma menjadi sebuah kei car. Melansir dari Topgear, nama Taft sendiri memiliki pengertian 'Tough & Almighty Fun Tool'

Spesifikasi resmi belum resmi dirilis Daihatsu, namun dari referensi diketahui bila Taft memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Dimensi ini mirip dengan kei car terlaris Daihatsu, yakni Tanto.

Tampilan depan dibuat kotak namun dalam versi visual yang lebih mini. Bagian kaca depan yang datar, ditambah dengan model gril yang tegas, serta bumper memberikan kesan tersendiri yang membuatnya beda dengan kei car keluaran Daihatsu lainnya.

Bahkan bila melihat dari samping, sekilas mirip dengan SUV lengedaris keluaran Suzuki, yakni Jimny.

Urusan dapur pacu, layaknya mobil mini Daihatsu lainnya, generasi baru Taft hanya dibekali dengan mesin bensin berkubikasi 660 cc. Namun demikian Daihatsu sudah mengadopsi turbo dan sistem transmisi CVT.

Sementara untuk urusan kapasitas penumpang, Daihatsu mengklaim mobil ini hanya mampu menampung empat penumpang.

Desain interior juga dibuat futuristik seperti Waku-Waku dengan aksesn jahitan oranye di jok dan dasbor, sampai hiburan dari layar sentuh LCD dengan dimensi cukup besar.

Daihatsu membuka inden perdana untuk Taft dari awal April hingga 31 Mei 2020 mendatang. Untuk proses penjualannya sendiri dikabarkan baru resmi dilakukan pada Juni 2020.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/05/143100715/daihatsu-taft-reborn-jadi-lebih-mungil-siap-dijual-juni-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke