Salin Artikel

Amankah Berkendara Motor di Tengah Maraknya Penyebaran Virus Corona?

SOLO, KOMPAS.com - Pandemi corona atau covid-19 membuat setiap orang harus ekstra waspada untuk mengantisipasi penyebarannya.

Mengingat, virus yang pertama kali muncul dari Wuhan, China ini tidak bisa terdeteksi secara pasti keberadaannya.

Bahkan, virus bisa saja menempel pada benda-benda yang sering dipegang atau digunakan sehari-hari.

Untuk mencegah penyebaran yang semakin meluas, pemerintah sudah mengimbau kepada masyarakat agar berdiam diri di rumah. Serta menghindari kegiatan yang tidak penting atau berada di luar rumah.

Tetapi, bagaimana jika memang ada keperluan yang cukup penting dan harus keluar rumah menggunakan sepeda motor?

Menurut dokter Sumartono Kardjo mantan Direktur RSUD Ngipang, Solo bepergian menggunakan sepeda motor masih cukup aman.

“Secara teoritis (berkendara dengan sepeda motor) masih aman, apalagi berkendara berkendara di siang hari,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Sumartono melanjutkan, paling penting adalah dengan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu juga selalu menjaga kebersihan setiap komponen motor yang sering dipegang.

Seperti handspat motor atau bagian motor yang lainnya agar dipastikan tetap bersih dan terhindar dari adanya virus covid-19.

“Jadi jangan percaya kalau handle sepeda motor yang sering kita pegang itu bersih, makanya selalu dibersihkan setiap kali selesai menggunakannya. Dan jangan lupa cuci tangan sebelum memegang benda lain,” ucapnya.

Ha yang sama disampaikan oleh salah satu dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati.

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini masih tetap aman jika terpaksa keluar rumah dengan berkendara menggunakan sepeda motor.

Tentunya dengan catatan, harus tetap menjaga jarak untuk menghindari terjadinya kontak langsung dengan orang lain.

“Sebenarnya tidak jauh beda dengan konsep social distancing ataupun physical distancing, pakai masker kain saja sementara ini masih cukup,” katanya.

Arina menambahkan, untuk tetap menjaga kebersihan setelah bepergian menggunakan sepeda motor.

Salah satunya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memegang benda lain.

“Setelah sampai di rumah jangan pegang benda apapun jangan bersandar langsung cuci tangan, ganti baju, cuci kaki kalau perlu mandi,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/03/091200315/amankah-berkendara-motor-di-tengah-maraknya-penyebaran-virus-corona-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.