Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapolri Siapkan Skenario Hadapi Arus Mudik di Tengah Wabah Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis memastikan bahwa operasi ketupat akan tetap dilaksanakan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan lalu lintas saat periode mudik lebaran 2020.

Bedanya, pada operasi kali ini terdapat skenario tambahan berupa kontingensi, mengingat adanya imbauan dari pemerintah supaya warga tidak mudik di tengah pandemi virus corona alias covid-19.

Hal itu disampaikan Idham saat rapat kerja bersama Komisi III DPR RI melalui video conference pada Selasa (31/3/2020).

"Skenario itu telah kami siapkan. Jadi bila tiba-tiba ada perubahan kami sudah siapkan rencana kontingensi," kata Idham dilansir laman NTMC Polri, Kamis (2/4/2020).

“Yang terpenting sekarang bagaimana 470 ribu personel Polri dalam keadaan sehat, kemudian dua pertiga kami akan siapkan, baik itu untuk pengamanan apabila nanti akan tetap ada mudik. Sebab, 42 hari ke depan kita akan menghadapi pengamanan Lebaran,” lanjut Idham.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia Inspektur Jenderal Istiono menyebut bahwa, operasi ketupat tahun ini juga akan memfukuskan pada minimalisir potensi penularan virus corona.

Selain itu tetap fokus pada keamanan dan kenyamanan berlalu lintas.

Kakorlantas bersama Asisten Operasi (Asops) Kepala Polri terus merencanakan kesiapan. Seperti soal personal yang akan dilibatkan, cara bertindak, persiapan data dari semua wilayah, serta persiapan kegiatan maupun sasaran-sasarannya.

Sebelumnya, pemerintah telah mengadakan rapat terbatas (ratas) soal pembatasan mudik Lebaran 2020. Hasilnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memberikan keputusan karena masih memikirkan dampak ekonomi serta masyarakat yang berdampak.

“Hasil rapat mengenai pembatasan mudik,Presiden meminta dilakukan kajian kembali bagaimana mitigasi dari sisi ekonomi khususnya kepada masyarakat yang terdampak,” ujar Jubir Kemenkomarves Jodi Mahardi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/02/141333415/kapolri-siapkan-skenario-hadapi-arus-mudik-di-tengah-wabah-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke