Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Mobil Baru Tidak Boleh Langsung Dicuci?

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki mobil baru menjadi impian setiap orang. Mobil yang baru turun dari showroom tentunya kondisinya juga sudah sangat sempurna.

Mulai dari kondisi eksterior maupun interiornya juga sudah mendapatkan sentuhan perawatan yang sedemikian rupa dari pabrikannya.

Tetapi, ada juga pemilik mobil baru yang percaya bahwa mobil baru tidak boleh dicuci. Dengan berbagai alasan yang dipercaya, salah satunya adalah akan merusak cat atau segala macamnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna memberikan penjelasan bahwa anggapan tersebut hanya sebatas mitos saja.

Menurutnya, setiap mobil sudah mendapatkan perawatan yang sesuai standar yang tentunya sangat aman bagi bagian luar maupun dalamnya.

“Masak sih mobil baru tidak boleh dicuci, kalau di bengkel Auto2000 semua mobil baru selalu dicuci. Baik saat berada di stockyard untuk menjaga tetap terjaga kebersihan dan kualitasnya,” kata Suparna kepada Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Suparna juga mengatakan, selama mencuci menggunakan sabun khusus untuk mobil tidak akan menimbulkan permasalahan.

Tapi, kalau mencucinya menggunakan deterjen yang tidak sesuai bisa saja merusak catnya.

“Asal shampo atau sabun yang digunakan sesuai tidak masalah, kecuali kalau pakai deterjen jelas bisa merusak catnya,” ucapnya.

Jangankan mobil baru, lanjutnya, mobil lama pun kalau dicuci menggunakan deterjen juga bisa rusak catnya.

Menurutnya, untuk mobil baru hanya diguyur menggunakan air bersih saja juga tidak masalah dan tidak perlu menggunakan shampo khusus.

“Semua mobil baru sudah ada clear coat sebagai pelindung dan pasti aman, kalau ada yang melapisi pakai lapisan nano, lapisan tambahan double clear pasti lebih aman lagi,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Didi mengatakan, tidak ada larangan mencuci mobil baru.

“Mungkin karena masih baru, jadinya masih sayang-sayang kalau mau dicuci. Toh selama stok, mobil itu juga sudah dipindah-pindahkan,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/29/180100215/benarkah-mobil-baru-tidak-boleh-langsung-dicuci-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke