Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Rumah Aja, Bisa Sambil Bersihkan Kaca Helm

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbauan untuk tetap di rumah aja selama dua pekan atau lebih bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Salah satunya adalah membersihkan bagian penting helm, yakni kaca alias visor.

Kebersihan kaca helm dapat meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Banyak pemilik motor yang mengambil langkah instan dengan membeli cairan pembersih visor untuk mempermudah perawatan.

Namun, tidak semua cairan yang dijual di pasaran tersebut aman untuk visor. Sebab, ada beberapa cairan yang kandungannya memiliki zat yang dapat merusak kaca helm.

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI), produsen helm KYT, menyarankan untuk teliti saat membeli produk pembersih visor di pasaran.

"Carilah yang kandungan bahannya water based atau alcohol based. Kedua bahan tersebut lebih aman dari solvent based," ucap Tugimin, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tugimin menambahkan, kaca helm sekarang ini rata-rata sudah diberikan lapisan coating anti gores pada permukaannya. Menggunakan cairan pembersih dengan bahan kimia aktif dikhawatirkan dapat merusak lapisan coating tersebut.

Irwansyah, Technical Support dari DeRide Store, juga menganjurkan untuk mencuci visor tanpa menggunakan cairan pembersih.

"Cukup gunakan air bersih, kemudian keringkan dari air yang menempel pada visor menggunakan kain lap yang bersih dan lembut," kata Irwansyah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/27/082200115/di-rumah-aja-bisa-sambil-bersihkan-kaca-helm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke