Salin Artikel

Sering Disepelekan, Ini Pentingnya Tutup Pentil Ban

JAKARTA, KOMPAS.com - Tutup pentil ban atau yang biasa disebut valve cap sering diremehkan oleh pemilik mobil.

Wujudnya yang kecil membuat benda ini sering kali dianggap tidak penting dan diabaikan apabila hilang.

Tidak jarang ditemui, ban kendaraan bermotor tidak mengggunakan komponen ini.

Tutup pentil ban ternyata tidak bisa dianggap sepele, karena memiliki banyak fungsi. Seperti yang diungapkan Kepla Bengkel Warna Warni Ban, Jalan Panjang, Wilaman Ramo.

“Pentil ban yang tidak menggunakan tutup dapat menyebabkan debu serta air masuk, sehingga katup akan rusak dan karet sil di dalam valve menjadi getas,” ujar Wilman saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/03/2020).

Kondisi tersebut akan membuat pentil rusak dan menimbulkan kebocoran halus. Mengingat tekanan ban angin ban sangat penting sehubungan dengan keselamatan berkendara, hal ini tentu harus diperhatikan oleh pemilik mobil.

Fungsi lainnya adalah untuk mencegah agar udara yang ada di dalam ban tidak keluar melakui celah kecil katup pentil.

Andai pentil rusak pun, dengan adanya tutup kebocoran masih bisa ditahan perlahan, tidak drastis membuat ban kempes yang tentunya akan membahayakan si pengemudi.

Bicara soal model, ada dua jensi tutup pentil ban yang paling sering digunakan dan mudah ditemui.

“Tutup pentil ada dua macam yang pertama berbahan plastik (hitam dan hijau), model ini biasanya akan berpotensi getas dalam jangka waktu tertentu. Yang kedua yaitu berbahan besi atau metal. Biasanya di bagian dalam terdapat sil karet untuk menyumbat rapat lubang masuknya udara dipentil ban,” kata Wilman.

Wilman menambahkan, untuk pemilihan model pentil tidak ada masalah. Yang paling penting adalah mencari tutup pentil yang pas dengan lubang (jika tutup pentil yang ali hilang).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/26/133010615/sering-disepelekan-ini-pentingnya-tutup-pentil-ban

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.