Salin Artikel

Mitos Atau Fakta Air Buangan AC Bagus Untuk Radiator

SOLO, KOMPAS.com- Melakukan pengisian ulang radiator kendaraan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan jika tidak mau mesinnya overheat.

Cairan yang biasanya digunakan untuk mengisi komponen pendingin dapur pacu, ada beberapa pilihan, mulai dari coolant, air tanah yang direbus, hingga air dari buangan AC.

Kenapa air buangan AC juga jadi salah satu pilihan?

Selama ini banyak pemilik mobil yang beranggapan bahwa air yang menetes dari pipa pembuangan pendingin ruangan itu mempunyai kualitas yang cukup baik.

Alasannya, menurut sebagian orang ketika air buangan AC digunakan, hampir tidak ada kerak yang tertinggal atau tersisa di dalam radiator. Maklum saja, kalau sampai ada kotoran atau lebih parah menciptakan karat, bisa membuat pipa kapiler menjadi tersumbat.

Dengan kualitas tersebut tentunya dipercaya mampu menjaga kondisi radiator tetap prima dan menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin.

Pemilik bengkel spesialis radiator “Pak Bambang” Solo, Jawa Tengah (Jateng) Prayoga Angga (30) mengatakan, bahwa anggapan tersebut memang benar.

Selama ini banyak pelanggannya yang sudah membuktikan kualitas dari air buangan AC tersebut.

Bahkan dirinya juga menyarankan bagi pemilik mobil yang tidak menggunakan coolant bisa memanfaatkan air buangan AC tersebut.

“Air buangan AC ini tidak mengandung mineral, sehingga saat mendidih dia tidak akan menghasilkan kerak seperti air hasil rebusan atau air mineral,” katanya kepada Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, air buangan AC itu dihasilkan dari proses pemanasan yang sangat tinggi kemudian didinginkan di titik yang terendah.

“Sehingga bisa dikatakan nol mineralnya, maka saat digunakan air itu tidak berkerak dan cepat dinginnya,” ucapnya.

Berbeda halnya saat pemilik mobil menggunakan air mineral atau air tanah yang direbus. Angga mengatakan, jika menggunakan air tersebut tetap bisa menimbulkan kerak pada radiator.

“Jangan menggunakan air mineral, kalau terpaksa pakai air rebusan biarkan air itu dingin dengan sendirinya dulu jangan didinginkan dengan cara dimasukkan ke dalam lemari es,” ujarnya.

Untuk memanfaatkan air buangan AC ini, pemilik mobil bisa memasang penampung pada pipa pembuangan pendingin ruangan itu. Tunggu sampai air buangan AC cukup untuk mengisi radiator.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/24/080200415/mitos-atau-fakta-air-buangan-ac-bagus-untuk-radiator

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.