Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Moge yang Paling Populer Jadi Donor Modifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi pada motor sport banyak dilakukan dengan melakukan ubahan menggunakan limbah motor gede (moge) alias copotan komponen dari moge. Limbah moge banyak dipakai agar tampilan motor jadi terlihat lebih kekar atau sangar.

Ada beberapa moge yang banyak dipakai komponennya untuk modifikasi motor sport, khususnya moge yang diproduksi tahun '90-an.

Rudy Gunawan, modifikator senior dari Berkat Motor di bilangan Ciledug, Tangerang, mengatakan, dulu limbah moge apa saja, yang penting peleknya lebar pasti diminati.

"Asalkan peleknya lebih lebar dari standar pabrik, pasti dibeli," ujar Rudy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Rudy menambahkan, limbah moge lumayan banyak donornya. Dari Suzuki saja ada banyak, mulai dari GSX-R400, GSX-R600, GSX-R750, GSX-R1000, Bandit, Katana, dan lainnya.

"Suzuki lebih banyak dipakai, karena barangnya banyak. Lebih user friendly, harga lebih terjangkau, dan suku cadangnya juga banyak," kata Rudy.

Rudy mengatakan, dari Honda juga banyak, terutama dari seri CBR, seperti CBR1000R. Namun, limbah moge dari Honda terhitung jarang. Sebab, barang-barang Honda dulu termasuk mahal.

"Selain Suzuki dan Honda, pabrikan asal Jepang lainnya yang banyak dipakai komponennya adalah Kawasaki. Salah satunya yang banyak dipakai adalah ZX-750," ujar Rudy.

Sementara dari pabrikan asal Eropa, limbah moge yang banyak dipakai dari Aprilia atau Triumph.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/21/084200415/moge-yang-paling-populer-jadi-donor-modifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke