Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Kesehatan, Toko Helm Larang Calon Pembeli Lakukan Fitting

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mencegah penularan virus corona atau Covid-19, beberapa produsen dan toko helm tidak mengizinkan calon konsumennya untuk mencoba atau fitting ukuran helm secara langsung.

Store Manager, RC Motogarage, Pondok Indah, Priadanis Nuguroho Putra, mengungkapkan tindakan pencegahan sudah dilakukan sejak tanggal 17 Maret 2020 kemarin hingga waktu yang belum ditentukan.

“Kebijakan ini berlaku untuk seluruh toko kita baik di Jakarta, Bandung ataupun Tangerang. Konsumen tidak bisa fitting helm, namun alternatifnya kita ukur kepala mereka menggunakan meteran,” ujar Danis ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (18/03/2020).

Danis menjelaskan, biasanya konsumen yang datang ke toko sudah tahu ukuran dan tipe helm yang akan dibeli, tetapi untuk berjaga-jaga pihaknya selalu membantu konsumen untuk mengukur kepalanya, karena terkadang beda merek akan berbeda lingkar kepalanya.

Namun tidak dipungkiri, ada pembeli yang merasa kecewa dan tidak jadi membeli karena tidak boleh mencoba helm yang diinginkan.

“Contohnya baru kejadian kemarin, ada konsumen yang datang mau beli helm size XL, barangnya ada. Tetapi ketika kita lihat dang ukur lingkar kepalanya 57 cm, yang harusnya konsumen tersebut pakai ukuran M. Karena balik lagi, setiap merek helm itu punya lingkar kepala yang berbeda, tidak semuanya sama. Akhirnya karena tidak boleh di coba, enggak jadi beli,” ujar Danis

Selain itu, Danis mengatakan tokonya mengalami penuruan transaksi, bahkan sebelum kebijakan ini dilaksanakan. Karena memang arahan dari pemerintah tidak memperbolehkan masyarakat keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak.

“Kalau secara omzet menurun hampir 20 persen, terutama pada penjualan helm, ini baru hari kedua tidak boleh fitting. Dengan adanya isu corona saja penjualan sudah menurun ditambah tidak boleh fitting,” ujar Danis.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/18/142300715/alasan-kesehatan-toko-helm-larang-calon-pembeli-lakukan-fitting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke