Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tantangan Ketika Modifikasi Motor Karburator Menjadi Injeksi

SOLO, KOMPAS.com - Mengubah sepeda motor dari sistem karburator menjadi injeksi, bukan hal yang mudah. Selain membutuhkan perhitungan cukup detail, juga harus melakukan banyak ubahan pada sejumlah komponen.

Ubahan ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan sistem pengapian yang baru, yakni injeksi. Maka tidak heran jika tak sembarang bengkel bersedia atau mampu untuk melakukan modifikasi cukup ekstrim ini.

Salah satu bengkel spesialis mengubah karburator menjadi injeksi adalah bengkel Tanjung motor (TMR). Bengkel milik Djoko Prayitno di Solo ini memang sudah beberapa kali melayani operasi motor karbu menjadi injeksi.

Sebelum menggarap Suzuki Skywave milik Ari warga Mojosongo, Yitno begitu akrab disapa juga pernah mengubah Yamaha Nouvo dan Honda CB lawas menjadi injeksi.

Dalam melakukan ubahan tersebut, Yitno mengatakan, ada beberapa bagian yang cukup sulit. Di antarnya melakukan penyetelan timing pengapian.

Dengan adanya ubahan ini, tentunya motor juga harus dilakukan penyetelan timing pengapian ulang. Dalam melakukannya juga tidak boleh sembarangan mengingat ini berkaitan dengan kondisi motor saat digunakan.

“Yang rumit itu seperti melakukan penyetelan timing pengapian setelah diubah menjadi injeksi,” katanya kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Selain itu, Yitno menambahkan, kerumitan lainnya adalah saat merakit kembali kelistrikan motor. Saat mengubah motor karburator menjadi injeksi tentunya kelistrikan motor juga harus diubah.

Otomatis, untuk kabel bodi motor lama juga harus diganti sesuai dengan injeksi motor yang digunakan.

Bagian lain yang tidak kalah rumitnya menurut Yitno adalah menyesuaikan dudukan-dudukan perangkat injeksi pada motor.

Selama ini motor sudah didesain menggunakan sistem karburator, sehingga jika diubah menjadi injeksi tentunya harus dilakukan penyesuaian dudukan.

Dengan begitu, dudukan yang dibuat baru bisa pas saat menggunakan sistem injeksi. Lebih rumit adalah saat melakukan penyesuaian ini alat-alat yang digunakan juga alat khusus untuk motor injeksi.

“Yang diubah seperti throttle body, injektor, fuel pump, engine temperature sensor, O2 sensor dan lainnya. Selain itu juga harus membuat dudukan fuel pump di tangki, dudukan injektor, dudukan 02, dudukan engine temperatur sensor, membuat pick up coil, ubah spul, merakit kabel body,” kata Yitno.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/18/131200315/tantangan-ketika-modifikasi-motor-karburator-menjadi-injeksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke