Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecelakaan Bisa Terjadi Karena Serangan Jantung Atau Epilepsi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas, masih menjadi momok menyeramkan di jalan raya, temasuk Indonesia. Jenisnya beragam, mulai dari ringan sampai kecelakaan berat.

Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena pengemudi hilang kendali saat terserang penyakit kronis, contohnya jantung dan epilepsi.

Terkait hal ini Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, turut angkat bicara. Menurutnya hal ini harus disertai tindakan preventif dari masyarakat agar kecelakaan tidak terjadi. 

Pasalnya, jika diabaikan, kondisi ini bisa menyebabkan multi kecelakaan yang beragam dengan korban yang luas.

“Permasalah serangan jantung atau epilepsi adalah hal yang paling ditakuti, kasus ini sudah sering ditemui. Pengemudi bisa hilang kesadaran dan sulit mengendalikan kendaraan yang sedang dikendarai. Bayangkan jika pengemudi yang tidak sadarkan diri posisi kakinya di pedal gas?” ujar Jusri kepada Kompas.com, Sabtu (14/03/2020)

Menurutnya, masyarakat harus sadar untuk memastikan kesehatan mereka ketika mereka berkendara diruang publik, Mengingat belum ada undang-undang terkait hal ini, minimal pengemudi melakukan pengecekan terkait kesehatan secara reguler.

“Seharusnya di Indonesia dibuat aturan terkait kesehatan pengemudi. Kalau di luar negeri aturan akan hal ini sudah berlaku, pengendara baru boleh mengendarai mobil setelah 2 tahun dibuat keterangan bebas epilepsi atau dinyatakan sembuh,” kata Jusri

Jusri juga menegaskan, pengemudi wajib bertanggung jawab ketika sedang berada di jalan, bukan sekadar memiliki (Surat Izin Mengemudi) SIM.

Menurutnya, setiap pengemudi wajib memperhatikan kesehatannya sendiri, sebelum mulai mengendalikan kendaraan. 

“Ketika seseorang bekendara di ruang publik apalagi dengan kecepatan yang tinggi, kemudian mengalami serangan mendadak, tentunya bisa menyebabkan multi kecelakaan yang tidak hanya membahayakan pengemudi atau penumpangnya, tetapi juga orang di sekitar yang tidak bersalah,” Kata Jusri.

Oleh sebab itu, sebaiknya pengguna kendaraan sadar akan kesehatan dirinya. Selalu melakukan cek kesehatan secara berkala agar bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan saat berkendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/16/084200915/kecelakaan-bisa-terjadi-karena-serangan-jantung-atau-epilepsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke