Salin Artikel

Jurus Bus AKAP Hadapi Risiko Penyebaran Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini penyebaran virus corona (Covid-19) terus meluas di Indonesia. Pemerintah pun sudah melakukan beragam upaya guna melakukan pencegahan atau menekan penyebarannya.

Namun demikian, upaya ini juga wajib dilakukan semua pihak, tak terkecuali operator bus antar kota antar provinsi (AKAP). Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Perusahaan Otobus (PO) PT Putera Mulya Sejahtera.

Sebagai upaya pencegahan penularan virus corona bagi calon penumpangnya, PO asal Jawa Tengah ini telah memulai langkah pembersihan bagi seluruh unit armadanya yang saat ini aktif beroperasi.

Mulai yang melayani dari jurusan Jakarta, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi menuju Semarang, Salatiga, Solo, Wonogiri, Pacitan, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta, dan Klaten.

"Penyemprotan disinfektan ini kami lakukan dalam rangka mendukung program pemerintah mencegah penyebarluasan Virus COVID-19. Selain penyemprotan, kami juga menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang secara bertahap dipasang di seluruh armada," tulis manajemen PT Putera Mulya Sejahtera.

Pihak menajemen juga meminta para calon pelanggan agar selalu dan sesering mungkin membersihkan tangan saat akan naik atau ketika berada dalam perjalanan.

Hal ini dilakukan untuk menjamin kebersihan dan upaya menanggal peredaran virus yang sudah mulai memakan korban jiwa tersebut.

"Mohon kiranya botol hand sanitizer tidak dipindahkan dan mohon cairan pembersih digunakan secukupnya, karena ini adalah fasilitas yang kami sediakan untuk kepentingan bersama. Khususnya, kepentingan mencegah penyebaran virus COVID-19 di armada bus kami," tulisnya lagi.

Langkah pembersihan angkutan umum sebelumnya juga sudah ditempuh oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang meminta bagi semua pihak operator lebih intensif dalam merawat kendaraannya.

Menurut Kepala Dishub Syafrin Liputo, maraknya penyebaran virus corona harus ditangani dari hal terkeceil yang kerap dilupakan, yakni masalah kebersihan.

Sektor transportasi, seperti bus, armda taksi, dan lain sebagainya menjadi perhatian khusus karena setiap hari selalu dipadati banyak orang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/15/132200215/jurus-bus-akap-hadapi-risiko-penyebaran-virus-corona

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.