Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Mobil yang Memiliki Fitur Paddle Shift

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengalaman berkendara yang nyaman dan praktis memang sering ditawarkan dengan mobil bertransmisi manual. Namun bagi para pecinta otomotif hal ini terkadang membosankan karena seluruh kontrol diambil alih oleh komputer.

Oleh karena itu banyak produsen mobil yang menyajikan mobil dengan transmisi otomatis yang juga dilengkapi dengan mode manual.

Mode manual biasanya terdapat pada tuas transmisi dengan tanda plus (+) dan mines (-), namun bisa juga muncul pada tuas yang ada di balik kemudi atau yang biasa dinamakan paddle shift.

Paddle shift pada dasarnya merupakan salah satu fitur yang terpasang di mobil balap Formula 1.

Fungsinya untuk menaik atau turunkan transmisi. Pemasangan tuas di balik kemudi bertujuan agar pebalap lebih konsentrasi mengemudi dan kedua tangannya tetap fokus pada setir.

Bahkan beberapa produsen mobil menyematkan fitur ini agar pengemudi bisa merasakan sensasi mengemudi seperti sporty layaknya pebalap.

Lantas, mobil apa saja yang menyematkan fitur tersebut?

1. Honda Jazz

2. Honda Civic

3. Suzuki S-Cross


Tidak mau ketinggalan, Suzuki juga menghadirkan SX4 S-Cross yang patut masuk ke dalam daftar mobil dengan paddle shift. Mobil dengan gaya crossover ini dibanderol dengan harga Rp 291 juta untuk tipe MT dan Rp 304 juta untuk tipe AT.

4. Mistubishi Pajero Sport

5. Toyota Corolla Altis

Sebenarnya masih ada beberapa jenis dari ragam merek mobil di Indonesia yang memiliki fitur paddle shift. Bila berminat tinggal bertanya pada tenaga penjual setiap merek, jenis mobil apa yang punya fitur tersebut.

Tinggal disesuaikan dengan budget yang dimiliki, dan kebutuhan yang diinginkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/10/184500515/deretan-mobil-yang-memiliki-fitur-paddle-shift

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke