Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] MG Siap Tantang Merek Jepang | Ini Tampilan Toyota HiAce Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi merek otomotif MG resmi masuk ke pasar otomotif nasional. Produsen asal Jepang seperti Toyota, dan Honda pun mulai memantau pergerakannya.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menariknya lagi soal Toyota resmi meluncurkan HiAce versi mewah untuk konsumen di Indonesia.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Jumat 6 Maret 2020:

1. Toyota Pantau Kehadiran Pendatang Baru MG Motor di Indonesia

Kehadiran merek pemain baru MG Motor Indonesia, membuat persaingan pasar roda empat nasional semakin ketat. Untuk tahap awal, merek Inggris yang sudah diakuisisi perusahaan otomotif China ini berencana meluncurkan model mengisi ceruk sport utility vehicle (SUV) kompak yang cukup ramai dihuni berbagai merek.

Meski belum berstatus resmi, MG Motor Indonesia sudah memamerkan SUV kompak bermesin 1.500 cc, dengan kisaran harga antara Rp 250 juta hingga Rp 300 jutaan.

Sebagai salah merek penguasa pasar mobil di Indonesia, Toyota mengaku cukup waspada dengan kedatangan MG Motor Indonesia. Maklum, Toyota Rush yang masih memimpin penjualan segmen LSUV perlu menjaga ritme penjualan pascakedatangan merek baru.

2. Toyota Pamer HiAce Mewah

Guna membuktikan produk yang ditawarkan memiliki daya saing atas kebutuhan industri saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali memeriahkan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020.

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto menyatakan, kendaraan komersial Toyota di Indonesia mampu dikonversi jadi berbagai variasi model sesuai kebutuhan. Salah satu produk yang dimaksud ialah HiAce.

"Kehadiran kami di pameran ini sebagai bentuk komitmen untuk senantiasa mewujudkan Total Ownership Experience dan Peace of Mind bagi pelanggan setia Toyota. Kami juga membuktikan bahwa kendaraan penumpang dan niaga Toyota mampu jadi pilihan masyarakat dengan kebutuhan yang sejalan dengan terwujudnya Toyota Ever Better Cars," katanya, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

3. Honda Tanggapi Santai MG ZS Tantang HR-V

Merek otomotif MG Motor atau Morris Garage resmi hadir di Indonesia, pascapengumuman resmi, Kamis (5/3/2020). Model pertama MG ZS segera diluncurkan bulan ini untuk meramaikan persaingan di segmen low sport utility vehicle ( LSUV).

Merek Inggris yang sudah diakuisisi perusahaan China ini, mengimpor secara utuh (completely built up/CBU) dari Thailand, MG ZS.

Meski belum resmi, namun prediksi spesifikasi yang bakal ditawarkan, adalah 1.500 cc DOHC VTi-TECH bertenaga 114 ps dan torsi 150 Nm, disalurkan melalui transmisi otomatis 4-percepatan.

Di Negeri Gajah Putih, MG ZS dibanderol 679.000 baht sampai 789.000 baht, atau setara Rp 305 juta hingga Rp 355 jutaan.

4. Prediksi Harga dan Spek MG ZS, Pesaing Honda HR-V

Setelah resmi hadir di Indonesia, PT SAIC Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) MG di Indonesia sudah berencana memasarkan produk andalannya. Rencananya sebuah SUV bernama MG ZS siap meluncur Maret 2020 ini.

Meski telah memperlihatkan SUV bernama ZS di hadapan rekan media, MG Indonesia masih belum mau mengungkap lebih detail soal produk baru tersebut.

“Soal harga dan spek teknis lebih lengkap bakal kami umumkan pada waktu peluncuran,” kata Managing Director MG Indonesia Figo Lee, di Jakarta (5/3/2020).

5. Dimulai dari Jabodetabek, Ini Wilayah Pemberantasan ODOL

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) bakal melakukan pemberantasan kendaraan over dimension over load ( ODOL) dini dalam waktu dekat di beberapa wilayah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, menyatakan bahwa pada tahap, penertiban kendaraan yang tercantum dalam program Zero ODOL ini akan dilaksanakan di Jabodetabek.

"Sasaran kami di Jabodetabek adalah kendaraan dump truck," katanya di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, dump truck di Jabodetabek adalah kendaraan berat yang paling sering melanggar ODOL, khususnya terkait muatan. Adapun tinggi kendaraan tersebut rata-rata menjadi 1,7 meter sampai 2 meter. Padahal aturannya adalah 1 meter.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/07/070200315/-populer-otomotif-mg-siap-tantang-merek-jepang-ini-tampilan-toyota-hiace

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke