Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menu MPV Murah di Bawah Rp 200 Juta Beserta Fitur Keamanannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih menjadi segmen yang paling besar di pasar otomotif nasional. Selain karena harga yang relatif kompetitif, pilihannya pun kini sangat beragam.

Konsumen bisa membeli Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga sang pendatang baru, yakni Wuling Confero.

Namun, yang harganya masih di bawah Rp 200 jutaan hanya tersisa beberapa merek dan model saja. Pilihannya, yaitu Avanza 1.3 E M/T Rp 197.150.000, Daihatsu Xenia 1.3 STD Rp 190.650.000, dan terakhir semua varian Wuling Confero.

Pabrikan asal China ini membanderol MPV entry level-nya mulai Rp 150.800.000 (Confero 1.5 M/T Double Blower), dan paling mahal hanya Rp 197.500.000 (Confero S ACT) untuk wilayah Jakarta.

Avanza 1.3 E M/T

Avanza tipe terendah ini memiliki sejumlah fitur, baik itu yang bersifat aktif maupun pasif. Fitur keselamatan pasif seperti dual SRS airbag, seatbelt dengan pretensioner and force limiter, dan side impact beam.

Xenia 1.3 STD

Xenia tipe termurah ini tidak memiliki fitur keamanan yang lengkap. Daihatsu tak menyematkan ABS dan EBD pada tipe ini, karena hanya tersedia di varian dengan pilihan mesin 1.5 saja.

Namun, untuk Xenia 1.3 STD ini diibekali fitur seperti kamera belakang dan Front Corner Sensor.

Wuling Confero

Seri Confero terdiri dari empat varian, yaitu Confero 1.5, Confero S 1.5C, Confero S 1.5L, dan Confero S ACT. Masing-masing punya perbedaan fitur, yang disesuaikan dengan harga.

Misalnya, dual front SRS airbag, Front and Rear Parking, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Anti-Theft System, hanya tersedia pada tipe C, L, dan L ACT.

Sementara fitur yang hanya tersedia di varian tertinggi (L), seperti Rear Parking Camera, Front and Rear Disc Brake, serta Anti-lock Braking System, Immobilizer dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Selain itu, ada juga fitur yang tersedia pada semua tipe, seperti Seatbelt Until Third Row, ISOFIX untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris kedua, dan Seatbelt Indicator.

Meski memiliki banderol kompetitif, tetapi fitur yang diberikan oleh Wuling kepada konsumen tergolong cukup komplet.

Nah, untuk urusan pilihan dikembalikan lagi kepada konsumen karena tergantung dari selera masing-masing.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/05/063200515/menu-mpv-murah-di-bawah-rp-200-juta-beserta-fitur-keamanannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke