Salin Artikel

Ancaman Virus Corona, Geneva Motor Show 2020 Dibatalkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak dari peredaran wabah virus Covid-19 alias Corona yang makin meluas, membuat pameran otomotif tahunan Geneva International Motor Show (GIMS) 2020 resmi dibatalkan. Padahal acara ini siap digelar pada 5 Maret sampai 15 Maret 2020.

Pembatalan diumumkan secara mendadak oleh pihak penyelengara. Langkah ini menyusul terbitnya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Swiss untuk tidak menggelar ajang berskala besar hingga 15 Maret 2020.

"Kami menyesali situasi ini, tetapi kesehatan semua peserta adalah prioritas utama kami begitu juga dengan peserta pemeran kami," tulis Chairman of the Foundation Board GIMS Maurice Turrettini, dalam pengumuman reseminya, Sabtu (29/2/2020).

Beberapa hari sebelum acara dimulai, dikabarkan proses pembangunan tribun utama sudah hampir selesai. Bahkan pekan lalu pihak penyelenggara masih optimis acara bisa berjalan tanpa ada ganggunan wabah corona.

Tapi situasi dan kondisi berubah drastis. Pemerintah Swiss pada Jumat (28/2/2020), mengambil langkah pencegahan corona dengan mengeluarkan larangan tak memberikan izin acara yang melibatkan 1.000 orang lebih.

"Ini adalah force majure yang menjadi kerugian luar biasa bagi produsen yang telah berinvestasi secara besar-besaran di Jenewa. Tapi kami yakin mereka memahami akan keputusan ini," kata Turrettini.

Batalnga Geneva Motos Show, artinya beberapa produk baru yang dikabarkan siap memulai debut dunia pun gagal. Contoh seperti Hyundai i20, VW Golf GTD, Kia Sorento, dan lainnya.

Panitia dikabarkan siap mengembalikan uang tiket acara yang sudah dibeli calon pengunjung. Untuk pengumuman lebih lanjut, akan diinformasikan melalui laman resmi GIMS.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/01/080200015/ancaman-virus-corona-geneva-motor-show-2020-dibatalkan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.