Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Ganti Ban Mobil Sendiri untuk Wanita

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan seorang diri menggunakan mobil, tidak hanya didominasi oleh kaum laki-laki saja. Sekarang ini banyak perempuan yang juga mengemudikan mobil sendirian.

Beragam aktivitas hingga tuntutan pekerjaan mendorong banyak perempuan memilih untuk menggunakan mobil ketika pergi ke suatu tempat.

Tentunya, apabila terjadi masalah di jalan seperti ban bocor atau pecah ban harus bisa melakukan perbaikan. Minimal menggantinya dengan ban cadangan, agar tetap bisa sampai di tempat tujuan.

Berikut tips mengganti ban sendiri yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan.

Saat mengalami ban kempis, sebaiknya memilih tempat yang lebih aman untuk melakukan penggantian.

Selain itu, usahakan jalan yang digunakan untuk mengganti ban adalah tempat yang datar dengan tekstur keras seperti jalan beraspal.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, yang pertama harus dilakukan oleh seorang perempuan saat mengalami ban kempis adalah mencari tempat yang aman.

“Cari tempat yang aman, datar dan keras seperti jalan yang beraspal atau yang lainnya,” kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (29/2/2020).

Sebelum melakukan penggantian karet roda sebaiknya dipastikan dulu keamanan mobilnya. Salah satunya dengan mengunci seluruh pintu mobil.

Hal ini untuk memastikan agar tidak ada kejahatan yang terjadi selama pengemudi sibuk melakukan penggantian ban. Tidak bisa dipungkiri kejadian kejahatan bisa saja terjadi saat pemilik tengah mengganti roda.

“Kunci pintu saat melakukan penggantian ban, karena dikhawatirkan ada orang yang mengambil barang-barang di dalam mobil,” ucap Didi.

Agar mobil tidak bergerak saat ban diganti, pastikan parking brake atau hand rem diaktifkan. Pasalnya, jika lupa mengaktifkan rem tangan akibatnya bisa fatal.

Hal ini karena mobil bisa saja bergerak sendiri tanpa disadari oleh pengemudi. Sehingga, bisa saja kejadian ini justru akan menyebabkan kecelakaan.

“Selain mengaktifkan rem tangan bisa juga dengan mengganjal ban saat akan mengganti ban,” ujarnya.

Biasanya seorang perempuan menggunakan beragam aksesori saat mengendarai mobil. Salah satunya adalah dengan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.

Saat mengalami ban kempis dan akan melakukan penggantian ban, Didi menyarankan agar pengemudi terlebih dahulu mengganti sepatu yang dikenakannya. Sehingga saat melakukan penggantian roda bisa lebih nyaman.

Sebelum mendongkrak mobil, Didi mengatakan, sebaiknya mur roda yang kempis dikendurkan terlebih dahulu. Hal ini untuk memudahkan saat mencopot ban nantinya.

Jika mur belum dikendurkan tetapi mobil sudah didongkrak bisa menyulitkan saat mengendurkannya.

Hal ini karena saat mur dikendurkan ban bisa saja ikut berputar meski rem tangan sudah diaktifkan.

“Yang perlu diperhatikan, sebelum (mobil) didongkrak pastikan mur sudah dikendurkan terlebih dahulu (tetapi jangan dilepas),” katanya.

Setelah semua tahapan dilalui barulah bisa dilakukan pendongkrakan mobil. Untuk cara mendongkrak, Didi mengatakan, bisa dilihat pada buku pendomannya.

Paling penting saat melakukan pendongkrakan pilihlah bagian yang sekiranya kuat untuk menopang dongkraknya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti bagian yang didongkrak tidak kuat sehingga bisa patah atau terlepas dan membuat mobil terjadi meski sudah didongkrak.

“Memang yang berat saat membuka mur roda ataupun mengangkat bannya, atau minta pertolongan org lain. Untuk mendongkrak bisa melihat tipe melalui buku panduannya,” kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/29/140200315/cara-aman-ganti-ban-mobil-sendiri-untuk-wanita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke