Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Fungsi Hand Guard dan Engine Guard pada Motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi pada kendaraan roda dua tidak akan ada habisnya. Salah satunya, yang kerap dilakukan biker, adalah menambah hand guard pada setang motor dan engine guard dapat meningkatkan penampilan dari motor.

Penambahan hand guard dapat menambah penampilan motor menjadi berkesan petualang. Untuk engine guard, dapat melindungi mesin ketika motor terjatuh.

Namun. bagaimana jika aksesoris tersebut digunakan untuk harian?

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, kalau penggunaan aksesoris seperti hand guard dan engine guard aman untuk digunakan sehari-hari. Tapi, dengan syarat kedua alat aksesoris tersebut tidak terlalu besar dan mengganggu pengguna jalan lain.

“Pada dasarnya kedua aksesoris tersebut berfungsi untuk melindungi motor dari kerusakan yang lebih parah ketika terjadi kecelakaan. Untuk pengendaranya sendiri, hand guard dan engine guard dapat melindungi tangan dan kaki ketika menabrak pengendara lain,” kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, pilihan aksesorisnya juga harus yang berkualitas, sehingga bisa berfungsi dengan baik untuk melindungi, bukan hanya tempelan pada motor. Jangan menambah aksesoris kendaraan yang bisa mengganggu pengguna jalan lain.

“Setelah memasang hand guard dan engine guard, harus ada adaptasi dengan motor yang semakin berat. Performa sama handling pasti berkurang, tidak senyaman motor standar,” ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/28/112200115/kenali-fungsi-hand-guard-dan-engine-guard-pada-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke