Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Ukuran Ban Kecil Lebih Bertenaga di Tanjakan?

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagian kaki-kaki kendaraan baik roda empat maupun roda dua menjadi bagian yang paling sering mendapatkan ubahan.

Selain penggantian model ban, mengubah diameter ban juga sering dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Baik dengan mengubahnya menjadi diameter lebih besar maupun sebaliknya dengan menggantinya menjadi lebih kecil.

Para pemilik kendaraan tentunya mempunyai pertimbangan tersendiri saat melakukan ubahan tersebut.

Mulai dari menyesuaikan konsep modifikasi kendaraan atau agar kendaraan terlihat lebih pas saat dikendarai.

Tetapi, banyak pemilik kendaraan yang melupakan fakta bahwa melakukan ubahan pada diameter ban juga akan berpengaruh pada akselerasi kendaraan.

Selain itu tentunya juga pada kenyamanan kendaraan saat dikendarai. Misalkan ban yang semula memiliki diameter 14 inchi diubah menjadi 15 inci tentunya juga akan berpengaruh pada akselerasi kendaraan.

Di samping itu, ubahan pada ukuran diameter ini juga akan mempengaruhi pada kemampuan kendaraan saat melintas di jalan yang menanjak.

Ukuran ban yang lebih kecil dipercaya lebih kuat saat digunakan di jalan menanjak dibandingkan ban dengan ukuran lebih besar.

On Test Vehicle (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal menjelaskan, anggapan tersebut ada benarnya.

Mengingat, ban dengan diameter yang lebih kecil otomatis rotasi ban saat digunakan akan lebih banyak dibandingkan dengan ban yang memiliki diameter lebih besar.

“Dengan mesin yang sama-sama masih standar ban dengan ukuran 14 inci akan lebih kuat digunakan di jalan tanjakan dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini karena tarikannya juga akan lebih enten,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Minggu (23/2/2020).

Selain akselerasi yang lebih bagus, Zulpata menambahkan, kecepatan kendaraan juga akan meningkat. Terutama saat dikendarai pada jarak tertentu yang tidak terlalu panjang.

“Kalau misalnya ban standarnya 15 inchi kemudian diganti dengan ukuran 14 inchi maka akselerasi jadi lebih cepat. Untuk jarak yang tidak terlalu panjang tarikannya juga lebih responsif,” ujarnya.

Tetapi, lanjutnya, untuk top speed akan mengalami penurunan. Sebaliknya, jika ukuran diameter diubah menjadi lebih besar yang terjadi adalah akselerasi kendaraan menjadi menurun.

“Akselerasi untuk jarak pendeknya jadi berkurang dibanding saat masih menggunakan ban dengan diameter 15 inchi, tapi untuk top speednya menjadi naik,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/23/184200615/mitos-atau-fakta-ukuran-ban-kecil-lebih-bertenaga-di-tanjakan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.