Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jakarta Banjir, Ingat Lagi Batas Aman Mobil Terjang Genangan Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah daerah di DKI Jakarta kembali terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Bahkan beberapa jalan pun ditutup dan pengendara mobil dialihkan untuk mencari jalan alternatif lain.

Bagi sebagian pengguna mobil yang terpaksa melintasi genangan banjir, penting untuk mengetahui batasan-batasannya. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan kendaraan.

"Ada batasan maksimal mobil saat melewati genangan air yang tinggi. Ini penting diperhatikan jangan asal gas saja. Paling utama mengetahui lebih bulu posisi air intake mobil ada di mana dan berapa tingginya," ucap Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Anjar mengatakan bila memang genangan air cukup tinggi, sebaiknya jangan memaksa diri untuk melintasi jalur tersebut. Segera cari jalan alternatif untuk menghindari adanya risiko-risiko yang merugikan.

Untuk pengendara awam, barometer yang bisa dijadikan patokan saat akan menerjang genangan air di jalan raya adalah melihat posisi ban. Pastikan bila ban tidak sampai semuanya terendam, maksimal hanya 3/4 saja.

Cara mudah untuk mengukurnya, tinggal melihat dari kendaraan lain yang melintas lebih dulu. Bila ternyata masih dalam batas aman, silakan melintas, namun bila tertutup semua, lebih baik putar balik.

Perlu diingat, ketika melewati genangan air, akan ada gelombang yang membuat ketinggian air secara otomtis naik dari yang diperkirakan. Kondisi juga wajib diperhitungkan sebelum memutuskan untuk menerjang banjir.

"Sebenarnya bila roda sudah terendam setengah saja itu akan berisiko, pasalnya air itu saat dilintas ada gelombang. Otomatis tinggi air akan naik saat terkena gelombang tadi, dan bisa saja air masuk ke intake atau saluran udara ke pembakaran, bila sudah demikan maka mobil bisa bermasalah," ucap Anjar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/23/125935515/jakarta-banjir-ingat-lagi-batas-aman-mobil-terjang-genangan-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke