Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Naik Motor yang Aman Saat Kondisi Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika mengendarai sepeda motor saat hujan turun, lebih baik menepi. Ada yang mengatakan, permukaan aspal akan lebih licin dibanding ketika sudah deras, benarkah demikian?

Menurut Setyo Suyarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, membenarkan hal tersebut. Licinnya permukaan jalan disebabkan oleh debu yang terkena air. Jika sudah deras, debu akan terbawa air sehingga jalanan tidak lebih licin.

“Sebenarnya tergantung dari daerahnya, kalau enggak ada debu, tidak akan licin. Namun kebanyakan wilayah di Indonesia jalannya pasti ada debu,” ucap Setyo kepada Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Jadi ketika awal hujan turun, lebih baik menepi dulu. Namun ketika berkendara saat hujan, lebih baik tetap waspada karena permukaan yang basah, tidak seperti saat kering. Setyo, memberikan saran ketika berkendara di jalan yang basah.

“Yang pertama, kurangi kecepatan. Hal ini dilakukan agar pengendara bisa lebih mudah mengoperasikan sepeda motor dan menganalisa bahaya di jalan,” ucap Setyo.

Kedua, pengoperasian gas harus semakin halus, untuk menghindari gas mendadak dan ban belakang kehilangan traksi. Selain gas, menekan tuas rem juga harus semakin halus. Menghindari ban terkunci ketika mengerem terlalu keras.

“Terakhir, saat berbelok, kecepatan harus lebih rendah dibanding di jalan kering dan hindari sepeda motor terlalu miring,” ujar Setyo.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/22/172200615/tips-naik-motor-yang-aman-saat-kondisi-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke