Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Komparasi SUV Murah, Termasuk XL7 | Gaji Pebalap MotoGP 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai SUV murah masih menjadi perhatian masyarakat. Terlebih setelah kehadiran Suzuki XL7 yang baru diluncurkan pada akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Timur.

Setelah itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal daftar gaji para pebalap MotoGP musim 2020. Marc Marquez masih paling mahal di antara lainnya.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 16 Februari 2020:

1. Komparasi SUV Murah Suzuki XL7, dan Xpander Cross, Siapa Unggul?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru saja resmi mengeluarkan mobil jenis Low Sport utility vehicle (LSUV) medium terbaru pada hari Sabtu (15/02/2020), yaitu XL7.

Secara segmentasi, XL7 ditempatkan pada genre low SUV, bertemu dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios atau Honda BR-V.

Namun persaingan menariknya ada dengan Mitsubishi Xpander Cross. Meski Xpander Cross menjadi varian tertinggi dari Xpander, yang artinya masih ada di kelompok low MPV. Hanya saja secara dimensi dan desain, keduanya bisa menjadi seteru.

Fakfor lain yang bisa dihadapkan adalah dari sisi kebaruannya. Xpander Cross baru meluncur akhir tahun lalu, dan XL7 baru saja diperkenalkan di tahun ini.

Lantas bagaimana jika keduanya dihadapkan satu sama lain? Mari Kita Bandingkan.

2. Buang Kebiasaan Kaki Kiri Menempel di Pedal Kopling, Ini Akibatnya

Banyak pengemudi mobil manual yang masih mempunyai kebiasaan menaruh atau meletakkan kaki kiri di atas pedal kopling.

Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak disarankan, karena bisa mempercepat kerusakan pada komponen mobil terutama pada bagian kopling.

Pedal kopling yang terus ditekan meski dengan kekuatan ringan akan berimbas pada tenaga yang dirilis oleh kopling.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, saat kaki kiri diletakkan pada pedal kopling bisa membuat kopling merilis sekitar 20 persen.

“Biasanya ini dilakukan oleh pengemudi pemula atau para ibu-ibu, jadi meskipun hanya diletakkan kopling tetap merilis 20 persen. Kalau 100 persen sekalian malah tidak apa-apa karena tidak berjalan sekalian,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

3. Daftar Gaji Pebalap MotoGP Musim 2020, Marquez Termahal

Dikutip dari sportekz.com, beberapa pebalap lainnya ada yang digaji jutaan dollar AS, ada juga yang masih ratusan ribu dollar AS.

Berikut ini daftar gaji per tahun pebalap MotoGP musim 2020:
1. Marc Marquez - 14,5 juta dollar AS (sekitar Rp 198,5 miliar)
2. Valentino Rossi - 10,5 juta dollar AS (sekitar Rp 143,7 miliar)
3. Maverick Vinales - 8 juta dollar AS (sekitar Rp 109 miliar)

4. Lebih Aman, Alasan Wanita Banyak Pilih SUV

Mobil berjenis sport utility vehicle ( SUV) saat ini memang sedang naik daun. Prioritas pengembangan mobil ini adalah mampu menembus segala medan. Walaupun mobil jenis ini memiliki tampilan sport, berbadan kekar dan mesin berkekuatan besar, ternyata banyak digemari juga oleh pengemudi wanita.

Hal ini karena wanita ingin merasa aman ketika berada didalam sebuah mobil.

Bentuknya yang gagah memuat wanita merasa terlindungi terutama saat berada di jalanan Ibu Kota, dimana kadang berdampingan dengan pengendara lain yang cenderung mengintimidasi.

5. Melintas di Tol Layang Japek, Ingat Lagi soal Jaga Jarak Aman

Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II elevated, pada Jumat (14/2/2020).

Kecelakaan yang melibatkan lima kendaraan itu diduga disebabkan karena pengemudi kurang menjaga jarak aman saat berkendara.

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, menyampaikan kecelakaan yang melibatkan lima kendaraan terjadi di Km 21 arah Cikampek pada pukul 06:10 WIB.

Area Manager Jakarta-Cikampek & Jakarta-Cikampek II Elevated PT Jasamarga Tollroad Operator Ade Prihatna selaku pengelola operasional jalan tol tersebut mengatakan, penyebab kecelakaan diduga karena kurangnya antisipasi jarak aman pengendara Honda CR-V.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/17/060200415/-populer-otomotif-komparasi-suv-murah-termasuk-xl7-gaji-pebalap-motogp-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke