Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia Livery Baru Motor Peserta MotoGP 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP musim 2020 akan dimulai pada awal Maret mendatang. Beberapa tim sudah melakukan persentasi tim, meski mayoritas yang melakukan ialah tim pabrikan.

Ducati Corse menjadi tim pertama yang melakukan persentasi tim pada 23 Januari 2020. Disusul kemudian Repsol Honda Team pada 4 Februari lalu Jakarta, Indonesia.

Menyusul kemudian Monster Energi Yamaha, Suzuki Ecstar dan Pertonas Yamaha pada 6 Februari 2020 di Sepang, Malaysia, jelang tes resmi pramusim.

Adapun tim yang belum melakukan presentasi resmi yaitu Aprilia Gresini dan Red Bull KTM. Meski belum ada peluncursan kedua motor baru ersebut sudah terpampang jelas di tes pramusim meski belum pakai livery.

Paling menonjol ialah motor Aprilia 2020 yang pertama kali diungkap di shakedown tes sebetulm tes pramusim. Motor memakai aerobody besar di fairing depan ala mobil Formula 1 dan mesin baru.

Ducati Corse

Menilik motor baru Ducati 2020, perubahan pun terpampang di livery motor. Warna merah masih menjadi warna dominan. Namun, aksen hitam muncul lebih banyak.

Logo "Mission Winnow" kembali ke lambung motor setelah sempat menghilang pada bagian akhir musim lalu. Jika musim sebelumnya berwarna putih maka tahun ini berubah jadi gelap.

Selain itu, ada merk "Audi Sport" terpampang horizontal. Secara umum, pemilihan warna livery musim MotoGP 2020 ini memberikan aksen lebih berani.

Repsol Honda

Untuk livery, motor baru Honda musim 2020 sejatinya tidak banyak berubah dari musim lalu. Namun logo One Heart dan Satu Hati terus digunakan pada baju balap dan motor RC213V untuk musim 2020.

Logo Satu Hati dapat dilihat pada lengan kanan dan punggung baju balap serta undercowl kiri dan rear inner fender kanan motor Honda RC213V.

Sementara itu, logo One Heart akan terlihat pada lengan kiri dan bagian dada baju balap juga pada undercowl kanan dan rear inner fender kiri Honda RC213V.

Suzuki Ecstar

Setelah Ducati Team dan Repsol Honda, Suzuki Ecstar menjadi tim ketiga yang meluncurkan skuad terbaru musim 2020. Acara digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (6/2/2020).

Berbeda dengan musim lalu, GSX-RR 2020 memiliki livery baru. Warna dominan biru kini perpadu dengan silver di bagian kiri dan kanan. Tulisan Suzuki yang tadinya warna silver pun berubah jadi biru.

Warna silver ini menjalar dari spatbor depan, sisi samping hingga bagian buritan, membelah warna biru khas Suzuki.

Adapun aksen kuning menyala yang ada di fairing depan dan samping juga semakin dikit. Hanya ada goresan kecil sebagai pemanis di fairing depan dan pelek. Membuat tampilan GSX-RR 2020 sangat simpel.

Livery Suzuki Ecster 2020 terinspirasi dari Suzuki RT67. Motor yang yang mengantarkan pebalap asal Jerman, Ernst Degner meraih gelar dunia pertama di kelas GP50.

Monster Energy Yamaha

Sama seperti livery Respol Honda, baju untuk Yamaha YZR-M1 2020 sejatinya tidak jauh berubah. Warna biru gelap dipadu hitam membuat motor terlihat agresif. Pun dengan logo Monster Energy besar di fairing M1.

Pada peluncuran motor sebelumnya di Jakarta, Valentino Rossi perah berujar sangat menyukai desain motornya karena mirip dengan kostum tim sepakbola Inter Milan.

Meski tampilan luarnya tidak banyak berubah, Yamaha M1 2020 mendapat sedikit ubahan di sisi teknis. Pabrikan berusaha untuk menggali tenaga dan meraih top speed lebih tingg untuk mengejar Honda dan Ducati.

Petronas Yamaha

Meluncur hampir berbarengan dengan tim Monster Energy Yamaha, tim Petronas Yamaha SRT melakukan launching di Sirkuit Sepang tapi di luar ruangan.

Sebetulnya livery 2020 tidak banyak berubah dibandingkan musim lalu. Bedanya warna hijau tosca yang merupaan warna khas Petronas terlihat lebih tegas dibandingkan musim lalu.

Musim lalu, warna hijau tosca dan hitam saling bergradasi namun sekrang terpisah dan saling membelah dengan tegas. Warna hijau toscanya pun terlihat lebih terang.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/16/153841515/ini-dia-livery-baru-motor-peserta-motogp-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke